Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadan Pasar Mobkas MKG Kebanjiran Order, Ini Harga Brio hingga Fortuner Bekas

Berbeda dengan penjualan mobil baru yang mengalami penurunan pada Februari ini, berdasarkan data Gaikindo penjualan retail pada Februari turun 10,9 persen month to month (mtm) menjadi 69.989 dibandingkan dengan penjualan pada Januari 78.567 persen. Penjualan mobil bekas atau Mobkas masih mengalami peningkatan.
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara/Chairul Rohman
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara/Chairul Rohman

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan mobil bekas pada awal tahun ini mengalami peningkatan. Terlebih lagi terjadi peningkatan permintaan seiring musim mudik Ramadan dan Lebaran. 

Berbeda dengan penjualan mobil baru yang mengalami penurunan pada Februari ini, berdasarkan data Gaikindo penjualan retail pada Februari turun 10,9 persen month to month (mtm) menjadi 69.989 dibandingkan dengan penjualan pada Januari 78.567 persen. Penjualan mobil bekas dikatakan sedang meningkat.

Hal ini dikatakan oleh pedagang mobil bekas di MKG, Andi. Dia merupakan pengelola Showroom Mobkas Jordy MKG.

"Penjualan mobil bekas dari awal tahun mengalami peningkatan yang sangat bagus dan terjadi di hampir semua mobil,"ujar Andi kepada Bisnis, Rabu (23/3/2022).

Andi juga menilai peningkatan penjualan ini akan berlangsung hingga Lebaran. Adapun mobil yang paling banyak digemari dari segmen city car ada Honda Brio E keluaran 2016 sampai 2021 di kisaran harga Rp135 juta sampai Rp175 juta.

Dari segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ada Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner keluaran 2016 sampai 2019. Kisaran harga keduanya mencapai Rp375 juta sampai Rp450 juta.

Dan dari segmen sedan Toyota Camry tahun 2016 sampai 2018 banyak dicari dengan harga di kisaran Rp250.000.000 sampai Rp360 juta.

Adapun berdasarkan OLX Outlook, pasar mobil bekas pada tahun 2022 akan bertumbuh 2 persen sampai 3 persen. Outlook ini juga mengatakan bahwa ada sejumlah tren konsumen yang terjadi pada 2021 sejalan dengan pemulihan perekonomian dan pasar mobil bekas di dalam negeri.

Mulai dari pendapatan dan mobilitas yang lebih tinggi, akses pembiayaan untuk membeli mobil yang lebih mudah, hingga banyaknya masyarakat yang tetap menjadikan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi utama.

Outlook ini juga menjelaskan pasar mobil sempat ada penurunan permintaan akibat covid-19 varian Delta pada 2021, mamun pasar mobil bekas kembali naik pada kuartal III/2021 hingga saat ini.

Sehingga OLX memprediksikan pasar mobil bekas akan lanjut membaik pada tahun ini sejalan dengan perekonomian dan industri mobil baru yang juga sedang dalam tahap recovery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper