Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHM Patok Target Domestik 4,2 Juta Unit, Target Ekspor Masih Ragu

Kinerja pada tahun ini diyakini akan terpengaruh pengendalian Covid-19 seiring merebaknya galur Omicron.
Presiden Director PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma menjajal PCX Electrik. /BISNIS.COM-ADT
Presiden Director PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma menjajal PCX Electrik. /BISNIS.COM-ADT

Bisnis.com, JAKARTA- PT Astra Honda Motor (AHM) optimistis dapat menjual 4 juta sampai dengan 4,2 juta kendaraan bermotor pada 2022, asalkan pandemi Covid -19 dapat dikendalikan di dalam negeri.

Pengendalian ledakan kasus Covid-19 akibat galur Omicron sangat menentukan pergerakan pasar sepeda motor. Hal itu diungkapkan Marketing Direktur PT AHM Thomas Wijaya.

"Target penjualan kami di 4 sampai 4,2 juta di 2022, dengan total market 5,1 atau 5,2 persen, asalkan Covid-19 terkendali pasar bisa recovery," ujar Thomas kepada media pada Rabu (2/2/2022).

Adapun target yang ditetapkan AHM ini masih jauh dibandingkan masa pra pandemi. Pada 2019, misalnya, AHM berhasil menjual 4,91 juta unit sepeda motor. Sedangkan pada  2020, AHM hanya mampu melego  2,9 juta motor seiring kehadiran pandemi Covid-19. 

Pada tahun lalu, AHM mencatatkan penjualan motor sebanyak 3,9 juta unit. Saat bersamaan,  AHM juga berhasil mendominasi pangsa pasar (market share), dengan menggenggam 78 persen dari total penjualan sepeda motor di pasar domestik. 

Dari sisi ekspor, AHM masih ragu menetapkan target pada tahun ini. Pasalnya, tegas Thomas, dinamika pasar luar negeri juga sangat erat kaitannya dengan situasi pandemi yang belum berakhir pada tahun ini. 

Tahun lalu,  AHM mencatatkan ekspor sebanyak 392.829 unit sepeda motor dalam bentuk utuh atau Completely Built Up (CBU) sepanjang, mengalami kenaikan 36,1 persen dibandingkan dengan capaian ekspor CBU pada 2020 yang berjumlah 288.543 unit.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), sepanjang Januari-Desember 2021 pabrikan sepeda motor yang tergabung dalam AISI berhasil mengekspor sepeda motor dalam bentuk CBU sebanyak 803.931 unit.

Jumlah ini meningkat 14,8 persen dibandingkan dengan angka ekspor CBU pada periode yang sama tahun 2020 yang berjumlah 700.392 unit.

Dengan angka ekspor CBU 392.829 unit, AHM memberikan kontribusi sebanyak 49 persen terhadap total pengiriman motor dari Indonesia. Kontribusi ini meningkat dibandingkan tahun 2020 yang tercatat 35,9 persen.

Ekspor Completely Knock Down (CKD) yang dilakoni AHM juga tumbuh signifikan dengan raihan total ekspor sebanyak 489.140 set atau meningkat sebesar 26 persen dibandingkan dengan tahun 2020 yang berjumlah 387.660 set. Negara tujuan ekspor AHM baik secara CBU maupun CKD meliputi Filipina, Bangladesh, Thailand, Malaysia, Vietnam, Jepang, Kamboja, hingga Brazil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper