Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Segera Ekspor Mobil Ke Australia, Mereknya Masih Rahasia

Pemerintah akan berupaya membuka pasar ekspor kendaraan mobil ke Australia sejak berlakunya Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).
ekspor mobil
ekspor mobil

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan Indonesia akan segera melakukan ekspor mobil ke Australia mulai kuartal I/2022.

"Kita upayakan kuartal I. Belum bisa saya sebut [merk]," kata Agus kepada media di Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Agus menjelaskan pemerintah akan berupaya membuka pasar ekspor kendaraan roda empat ke Australia. Menurutnya, tidak gampang untuk menembus pasar Negara Kangguru. 

"Insyaallah sebentar lagi. Membuka pasar Australia tidak mudah, khususnya izin dari prinsipal. Ini sejarah," katanya.

Selain itu yang menjadi tantangan ekspor otomotif untuk Australia adalah standar karbon yang ditetapkan Australia. "Australia memiliki standar tinggi, termasuk karbon sangat ketat," tutup Agus

Sejak berlakunya kemitraan komprehensif Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), Indonesia berpotensi meningkatkan produk ekspornya. Berkat kemitraan ini, seluruh produk ekspor RI yang masuk ke Australia akan menikmati tarif 0 persen.

Produk ekspor Indonesia yang berpotensi meningkat ekspornya antara lain adalah otomotif, kayu dan turunannya termasuk kayu dan furnitur, perikanan, tekstil dan produk tekstil, sepatu, alat komunikasi dan peralatan elektronik. Adapun, roduk otomotif menjadi salah satu yang digenjot mengingat produsen otomotif negara tersebut sudah tumbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper