Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Rajai Mobil Listrik Berbasis Baterai di Indonesia

Produsen mobil asal Korea Selatan, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mendominasi kategori electric vehicle (EV) di dalam negeri, khususnya di segmen kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) pada tahun 2021.
Hyundai Kona EV. /Hyundai
Hyundai Kona EV. /Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen mobil asal Korea Selatan, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mendominasi kategori electric vehicle (EV) di dalam negeri, khususnya di segmen kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) pada tahun 2021.

Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2021, model BEV Hyundai mendominasi penjualan ritel di segmen tersebut dengan 605 unit yang terjual dari total 693 transaksi ritel yang dibukukan Gaikindo.

Hal tersebut menjadikan Hyundai sebagai pemimpin pangsa pasar BEV dengan porsi 87,3 persen. Kona Electric memimpin segmen BEV dengan penjualan 366 unit, atau 52,8 persen dari total penjualan ritel, disusul Ioniq Electric yang terjual 239 unit atau 34,5 persen.

Hyundai juga memimpin pangsa pasar BEV pada 2020, dengan total 124 unit yang terjual dari total 130 transaksi ritel berdasarkan data Gaikindo.

President Director PT Hyundai Motors Indonesia Sung Jong Ha mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik antusiasme dan penerimaan pelanggan di Indonesia terhadap komitmen Hyundai dalam membangun mobilitas masa depan di Tanah Air.

Sung Jong Ha menambahkan, pihaknya meyakini bahwa pencapaian yang diterima oleh kedua model EV Hyundai tersebut tidak terlepas dari komitmen Hyundai sebagai perusahaan otomotif yang berpusat pada pelanggan, serta menghadirkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kona Electric dan Ioniq Electric sendiri telah mencatatkan sejarah di Indonesia, dan masih akan ada lebih banyak lagi pencapaian di masa mendatang.

“Di samping itu, kami juga akan memperkenalkan Ioniq 5 yang akan diproduksi oleh Hyundai di Indonesia. Hal ini tentunya akan semakin memperkuat visi Hyundai untuk era elektrifikasi, dan Indonesia akan segera menempati posisi yang lebih tinggi lagi di industri EV global,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (18/1/2022).

Ioniq 5 merupakan salah satu model BEV yang paling ditunggu untuk diperkenalkan di Indonesia, karena dirakit secara lokal di pabrik manufaktur Hyundai Motor di Cikarang, Jawa Barat.

Ioniq 5 juga merupakan model pertama yang akan menggunakan electric-global modular platform (E-GMP), yaitu platform yang dirancang khusus oleh Hyundai Motor Group untuk model-model EV di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper