Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyebab Lampu Senja Motor Mati, Bisa Jadi Karena Ini

Dalam banyak kondisi, lampu senja motor ini sering kali tidak berfungsi, padahal baru saja diganti atau seharusnya belum habis masa pakainya. 
Ilustrasi pengendara motor. /Antara
Ilustrasi pengendara motor. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Lampu senja motor merupakan komponen penerangan dari kendaraan yang sangat penting. Istilah lain dari lampu senja adalah lampu kota memiliki fungsi membantu penglihatan pengendara motor ketika cuaca tidak cerah. 

Terlebih lampu ini juga diwajibkan untuk menyala pada siang hari, namun bagaimana jika lampu senja ini tidak dapat dinyalakan? berikut penyebab lampu senja tidak dapat dinyalakan.

Dalam banyak kondisi, lampu senja motor ini sering kali tidak berfungsi, padahal baru saja diganti atau seharusnya belum habis masa pakainya. Melansir dari Suzuki, Selasa (11/1/2022) ada beberapa penyebab mengapa lampu senja motor Anda lebih cepat mati. 

1. Tidak Menggunakan Lampu Asli Pabrikan 

Apakah Teman Bisnis selalu mengganti lampu senja dengan yang asli keluaran pabrikan? Banyak sekali pengendara yang asal membeli lampu senja tanpa memperhatikan produsen dan di mana membeli. 

Asalkan lampu bisa menyala saja tidak menjamin keawetannya karena produk tidak sesuai dengan komponen pada motor. Alhasil lampu pasti lebih cepat mati dibandingkan jika Teman Bisnis membeli lampu yang asli. 

Lampu pabrikan asli diciptakan menyesuaikan dengan model standar dari sepeda motor yang mereka ciptakan. Begitu juga dengan watt dari lampu yang sudah disesuaikan. 

Apabila Teman Bisnis membeli lampu sembarangan maka watt yang terlalu besar akan mempengaruhi sistem kelistrikan juga. Teman Bisnis yang tidak ingin bermasalah dengan lampu sering putus mulai sekarang belilah lampu asli dari pabrikan motor. 

2. Korsleting pada Kabel 

Arus listrik ke lampu dialirkan menggunakan kabel, sayangnya ketika komponen yang satu ini rusak bisa mengakibatkan korsleting.  Motor yang jarang diservis dan dicek sistem kelistrikannya mudah mengalami kerusakan pada bagian kabel. 

Termasuk konektor kabel yang lepas atau kendor akibat getaran ketika penggunaan motor bisa jadi penyebabnya. Oleh karena itu, apabila lampu senja motor lebih sering mati, Anda lebih baik mengecek terlebih dahulu pada sistem kabel. 

Cek apakah ada lapisan kabel luar yang mengelupas atau justru putus. Jika kabel rusak segeralah ganti dengan yang baru agar arus listrik bisa mengalir dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper