Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyebab Lampu Senja Motor Mati, Bisa Jadi Karena Ini

Dalam banyak kondisi, lampu senja motor ini sering kali tidak berfungsi, padahal baru saja diganti atau seharusnya belum habis masa pakainya. 
Ilustrasi pengendara motor. /Antara
Ilustrasi pengendara motor. /Antara

3. Kerusakan pada Kiprok 

Lampu senja motor yang sering mati bisa juga disebabkan oleh kiprok yang rusak. Fungsi dari kiprok adalah untuk menstabilkan arus listrik ke lampu. Sehingga jumlah arusnya tidak berlebih dan sesuai dengan kebutuhannya. 

Karena jika arus listrik terlalu besar berpotensi menimbulkan korsleting sehingga lampu mudah putus.  Kiprok yang rusak sudah pasti akan mengganggu proses pengisian listrik. 

Ketika kiprok yang rusak maka solusi yang bisa Teman Bisnis lakukan adalah memperbaiki atau menggantinya. Jangan biarkan motor menggunakan kiprok yang rusak, karena lampu akan terus menerus mudah mati. 

4. Masuk Air ke Bagian Reflektor 

Penyebab selanjutnya adalah air hujan masuk ke dalam reflektor. Hal ini juga bisa terjadi ketika terdapat lubang di bagian reflektor. Bahkan ketika Teman Bisnis mencuci motor pun air akan mudah masuk. 

Air akan cepat masuk ketika Teman Bisnis menggunakan jenis dudukan lampu  atau fitting yang tidak memiliki karet pelindung. Biasanya jika penyebabnya adalah air yang masuk maka akan muncul warna kehijauan pada lampu. 

Apabila Teman Bisnis melihat tanda ini maka sebaiknya segera cek fitting lampu. Apabila tidak memiliki karet ganti dengan dudukan lampu berkaret. Kemudian ganti komponen lampu dengan yang baru. 

5. Soket Rusak 

Selain tidak menggunakan lampu yang asli, masalah juga terjadi karena mengganti soket lampu. Penggantian mungkin saja dilakukan karena soket bawaan sudah rusak. 

Biasanya lampu sering mati karena kualitas soket yang buruk, bisa juga karena pemasangan kabel pada soket tidak rapi. Akhirnya membuat kabel mudah konslet dan lampu cepat putus ketika motor digunakan. 

Solusinya Teman Bisnis harus selalu memasang soket yang baru di bengkel resmi menggunakan komponen yang sama. Karena pemasangan akan dilakukan oleh mekanik profesional yang sudah terlatih. 

6. Aki Overcharge

Pengisian aki yang berlebih atau overcharge ternyata juga bisa jadi penyebab lampu lebih sering mati. Secara umum pengisian aki ini tidak boleh melebihi 14,5 V atau 15,5 V. 

Ketika pengisian lebih dari angka tersebut karena Anda sering ngegas lebih dari batas maksimal maka selain lampu, aki juga jadi lebih panas. Kerusakan tak hanya terjadi pada lampu tetapi juga aki. 

Selain mengegas dalam batas normal, Teman Bisnis juga perlu mengecek jalur pengisian yang mungkin saja bermasalah. Mulai dari spul, aki yang rusak atau kiprok. 

7. Motor dengan Automatic Headlight On

Seiring dengan peraturan menyalakan lampu motor di siang hari, para produsen pun menerapkan sistem Automatic Headlight ON atau AHO. Sistem ini memungkinkan lampu senja motor untuk terus menyala. 

Motor pun tidak dilengkapi dengan saklar On atau Off untuk lampu. Hanya ada pengaturan lampu jarak dekat dan jauh saja. Lampu yang terus menerus menyala otomatis akan mengurangi usia lampu lebih cepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper