Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertalite Dihapus, Ini Cara Memilih Bahan Bakar Minyak Untuk Mobil Anda

Pertalite dan Premium akan dihapus. Simak perbedaan dan bensin apa yang paling cocok untuk mobil.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  20:58 WIB
Petugas SPBU di Kota Palembang mengisi BBM kendaraan saat libur Natal 2020. istimewa
Petugas SPBU di Kota Palembang mengisi BBM kendaraan saat libur Natal 2020. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menjelaskan alasan penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bensin Premium (RON 88) pada 2022 mendatang dan juga bensin Pertalite (RON 90). 

Nicke mengatakan, rencana tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan sejumlah pertimbangan, di mana agenda tersebut sesuai dengan ketentuan yang tertuang di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang.

Dengan dihilangkan premium dan pertalite,masyarakat diajak menggunakan Pertamax untuk mendorong penggunaan BBM ramah lingkungan. Maka dari itu Bisnis merangkum perbedaan antara perbedaan Premium, Pertalite, dan Pertamax?

Pertama angka oktan, angka oktan yang lebih tinggi membuat pembakaran jadi lebih sempurna dan tidak meninggalkan residu. Di mana angka oktan Research Octane Number (RON) pertamax memiliki  minimal 92 berstandar internasional. Sementara itu, angka oktan Pertalite sebesar 90 dan Premium sebesar minimal 88.

Kedua, kandungan polusi, kualitas kandungan bahan bakar minyak mempengaruhi besarnya tingkat polusi dari kendaraan. Contoh, Pertalite dan Pertamax memiliki kandungan zat aditif seperti anti karat, demulsifier atau pembersih, dan zat penjaga kemurnian bahan bakar dari air, serta tidak mengandung timbal. Berdasarkan kandungan BBM, tingkat polusi yang dihasilkan yaitu:

- Premium: Besar

- Pertamax: Sedikit

- Pertalite: Sedikit

- Pertamax Plus: Paling sedikit

Ketiga harga, dilansir dari laman pertamina fuels, harga Pertalite di DKI Jakarta hari ini Rp7.650 per liter. Sementara itu, harga Pertamax Rp9.000 per liter.

Nah teman bisnis, biasanya untuk premium  digunakan pada kendaraan bermotor bensin dengan risiko kompresi rendah, yaitu di bawah 9:1. Sementara itu, Pertalite tepat digunakan oleh kendaraan bermesin bensin dengan kompresi 9:1 sampai 10:1.

Dengan tambahan zat aditif, Pertalite bisa menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan Premium. Namun, kualitas dan harganya terhitung masih terjangkau.

Sementara itu, jenis kendaraan yang sesuai dengan Pertamax yaitu kendaraan dengan kompresi rasio 10:1 sampai 11:1, atau kendaraan berbahan bakar bensin dengan teknologi setara Electronic Fuel Injection (EFI) keluaran 2000-an. Idealnya, kendaraan dengan BBM Pertamax menggunakan minimal RON 92.

Pertamax cocok digunakan hampir seluruh kendaraan keluaran terkini atau terbaru. Sementara itu, Pertalite cocok untuk masyarakat yang masih menggunakan kendaraan keluaran lama.

Jika ingin beralih menggunakan Pertamax, Pertamina menyarankan untuk menghabiskan bakar sebelumnya dahulu. 

Lalu, isi kendaraan dengan Pertamax. Pertamina menggarisbawahi, gunakan kendaraan dengan Pertamax minimal selama minimal lima hari pertama untuk mendapat hasil optimal pada mesin kendaraan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

premium pertamax Pertalite
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top