Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Truk Mercedes-Benz Axor Rakitan Lokal Siap Euro 4

Sebagaimana diketahui, standar emisi Euro 4 kendaraan diesel akan dimulai pada April 2022 mendatang.
Mercedes Benz Actros. /Mercedes Benz
Mercedes Benz Actros. /Mercedes Benz

Bisnis.com, JAKARTA — PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) resmi memproduksi kendaraan niaga Mercedes-Benz Axor yang sudah memenuhi standar Euro 4 di pabrik Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

President Director PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Jung Woo Park mengatakan penyerahan unit Mercedes-Benz Axor Euro 4 ini menjadi langkah pertama perusahaan dalam menyambut standar emisi Euro 4 yang akan dimulai pada bulan April 2022 mendatang.

"Sebagai bentuk dukungan PT DCVI kepada pemerintah, kami berkomitmen melakukan proses transisi lewat penyempurnaan pada produk-produk unggulan kami. Kami juga sangat senang bisa membuka babak baru bagi Indonesia yang lebih ramah lingkungan dengan menghadirkan teknologi selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue," ujar Jung Woo dalam keterangan resmi, Rabu (8/12/2021).

Jung woo pun menambahkan  Mercedes-Benz Euro 4 Axor memiliki kombinasi teknologi yang unik untuk Indonesia. Pihaknya pu mengatakan mesin yang digunakan sudah terbukti mempunyai  kinerja yang kuat dengan bahan bakar Indonesia sementara SCR akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar.

"Artinya kita bisa mengandalkan kondisi dan performa terbaik mesin selama beroperasi. Selain itu, kami meningkatkan interval perawatan menjadi 50.000 km untuk truk Euro 4 dengan sistem tambahan pada mesin yang menjaga oli mesin tetap bersih sepanjang waktu," tambahnya

Adapun DCVI juga menambahkan beberapa  penyegaran untuk rangkaian produk Mercedes-Benz Axor lewat penambahan aksen baru di bagian eksterior dan interior untuk seluruh lini serta beberapa pembaharuan dari segi teknis khusus untuk tiga varian Axor antara lain Mercedes-Benz Axor 2528R/5700, 2523R/4500 dan 2523R/5700.

Sebagai informasi tambahan, produk unggulan dari DCVI ini diberikan Roof Sun Visor untuk melindungi pengemudi dari silau matahari dan tambahan pada ujung bumper yang stylish.

Paduan dua bagian eksterior ini membuat tampilan Axor lebih gagah saat di jalanan. Melihat lebih dekat di bagian interior, kesan mewah brand Mercedes-Benz diterjemahkan lewat perubahan warna kabin yang dominan hitam, coklat dan beige. Perubahan pola warna kursi menjadi pola 3D juga membuat tampilan interior Axor lebih mewah dan bergaya.

Dari sisi teknis, Axor terbaru ini memiliki Gross Vehicle Weight Rating sebesar 26.500 Kg dari yang sebelumnya hanya sebesar 25.000 Kg. Selain itu, Mercedes-Benz Axor ini juga mendapatkan pembaruan di bagian axle yang sebelumnya memiliki kapasitas axle depan-belakang sebesar 6.000 Kg – 19.000 Kg menjadi 6.500 Kg – 20.000 Kg.

Pada bagian ban (tyre) juga dilakukan pembaruan menjadi 11.00-20 bias sehingga lebih sesuai dengan persyaratan pasar mengenai kapasitas beban ban dan menjadi lebih cost-efficient.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper