Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yamaha RX-King Bisu Curi Perhatian Pengunjung GIIAS 2021

Motor listrik ini dibangun dari basis Yamaha RX-King tahun 1992. Mesin 135cc 2-tak pada RX-King ini dicopot dan diganti dengan motor elektrik QS Hub Drive 3KW. Motor elektrik ini ditenagai baterai 71,4 Volt 30 Ah Lifepo4 dan sudah disematkan controller Kelly KLS-S 7230.
RX-Ohm, motor dua tak yang kini bersuara senyap. /setrum.com
RX-Ohm, motor dua tak yang kini bersuara senyap. /setrum.com

Bisnis.com, JAKARTA — Yamaha RX-King dikenal memiliki suara yang berisik. Akan tetapi pada GIIAS 2021, FZ Ebike menampilkan RX-King bermesin senyap. Motor bertitel Raja Jalanan ini disulap menggunakan mesin listrik dan menghilangkan suara berisiknya.

Motor ini awalnya dimiliki oleh seorang pria asal Belanda bernama Michiel Beers. Namun RX-King listrik ini dijual ke Setrum.com dengan alasan sulitnya mengurus adminstrasi untuk dibawa ke Belanda. Motor yang diberi nama RX-Ohm ini dibuat hanya dalam waktu 3 bulan.

“Dulu si pemilik awalnya bikin motor ini karena memang suka dengan bentuk RX-King yang timeless, tapi dia suka yang ramah lingkungan. Sebenarnya bikinnya tidak sampai dua bulan, tapi karena kemarin terkendala pandemi, jadi ketunda sampai 3 bulan,” kata Managing Editor Setrum.com Farman FAB saat dihubungi Tempo, Rabu (17/11/2021).

Yamaha RX-King ini tampil di pameran GIIAS 2021 dan cukup menarik perhatian pengunjung pameran. Motor listrik ini dibangun dari basis Yamaha RX-King tahun 1992. Mesin 135cc 2-tak pada RX-King ini dicopot dan diganti dengan motor elektrik QS Hub Drive 3KW. Motor elektrik ini ditenagai baterai 71,4 Volt 30 Ah Lifepo4 dan sudah disematkan controller Kelly KLS-S 7230.

“Tenaganya belum dites dyno, tapi kecepatannya mencapai 100 km/jam. Baterainya mampu digunakan menempuh jarak hingga 60 kilometer dalam sekali pengisian,” ujar Farman.

RX-Ohm ini sudah tidak menggunakan rantai, digantikan sebuah hub yang juga berfungsi sebagai teromol belakang. Knalpot yang biasanya mengeluarkan asal ngebul, ditanggalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper