Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isuzu Lakukan Tes Performa Mesin Euro 4, Ini Hasilnya

Adapun Isuzu yang dikenal sebagai produsen yang memproduksi kendaraan niaga bermesin diesel sudah mempersiapkan diri terkait kebijakan Euro 4 sejak 2011, dengan memperkenalkan Isuzu Giga yang sudah mengimplementasi mesin common rail.
Isuzu Elf NMR 81SHD berteknologi mesin diesel common rail. /Bisnis.com-Ilham Budiman
Isuzu Elf NMR 81SHD berteknologi mesin diesel common rail. /Bisnis.com-Ilham Budiman

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) menyatakan kesiapannya dalam implementasi kebijakan Euro 4 pada mesin diesel yang akan diterapkan pada 2022.

Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) Tonton Eko menjelaskan Isuzu sudah melakukan tes performa yang menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar unit Euro 4 Isuzu lebih irit dibandingkan unit Euro 2.

"Namun dalam penggunaan actual di customer mungkin hasil bisa berbeda karena dipengaruhi oleh cara berkendara, berat muatan, jenis jalan dan medan, dan sebagainya," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (13/11/2021).

Adapun Isuzu yang dikenal sebagai produsen yang memproduksi kendaraan niaga bermesin diesel sudah mempersiapkan diri sejak 2011, dengan memperkenalkan Isuzu Giga yang sudah mengimplementasi mesin common rail.

Perusahaan, lanjutnya, pada 2018 meluncurkan produk Isuzu Elf NMR 81 yang menggunakan mesin common rail.

Selain itu pada 2019, Isuzu Indonesia juga melakukan ekspor perdana Isuzu Traga ke negara Filipina yang sudah menggunakan mesin dengan standar Euro 4.

"Isuzu tetap berkomitmen untuk mempertahankan DNA Isuzu yang irit bahan bakar sehingga operational cost yang ditimbulkan karena bahan bakar mahal dapat ditekan," ujarnya.

Tonton pun menjelaskan saat ini, Isuzu memiliki 145 unit Bengkel Isuzu Berjalan (BIB), 2.403 partshop, dan juga 73 Bengkel Mitra Isuzu (BMI) yang siap memberikan pelayanan purna jual yang maksimal ketika EURO4 telah diimplementasikan nanti.

“Kami mengerti kekhawatiran para pengusaha truck, driver, maupun mekanik, namun sebagai partner sejati, kami Isuzu siap mendampingi Anda untuk setiap langkah dalam perjalanan bisnis customer menuju sukses,” kata Tonton.

Sebagai informasi, peraturan Euro 4 tertuang di dalam surat yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No S 786/MENLHK-PPKL/SET/PKL.3/5/2020 tertanggal 20 Mei 2020. Nantinya, semua produsen otomotif yang merakit kendaraan niaga bermesin diesel akan mulai melakukan produksi pada 7 April 2022. Anjuran untuk beralih ke Euro 4 itu sendiri sejatinya sudah tertuang di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper