Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piaggio Bangun Pabrik di Cikarang, Produksi Ditargetkan Kuartal IV/2022

Pengembangan fasilitas industri ini berada di area seluas 55.000 meter persegi dan berlokasi di kawasan industri Jabateka, Cikarang, Bekasi 35 kilometer timur Jakarta.
Acara peresmian pengembangan tahap pertama proyek industri PT Piaggio Indonesia, di Cikarang, Jawa Barat, Indonesia./Khadijah Shahnaz
Acara peresmian pengembangan tahap pertama proyek industri PT Piaggio Indonesia, di Cikarang, Jawa Barat, Indonesia./Khadijah Shahnaz

Bisnis.com, JAKARTA – PT Piaggio Indonesia resmi memulai pembangunan pabrik pertamanya di Indonesia, tepatnya berlokasi di Cikarang.

Pabrik Piaggio ini akan memuat kapasitas produksi sebanyak 10.000 unit per tahunnya. Rencananya pabrik ini mulai beroperasi pada kuartal IV/2022 dan produk Vespa pertama yang dirakit di pabrik ini dijadwalkan meluncur pada akhir 2022.

Managing Director & Country Ceo PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega mengatakan Piaggio siap memulai babak baru di Indonesia, setelah 10 tahun di indonesia. Piaggio akan melanjutkan perjalanan penuh semangat, dedikasi dan komitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas premium dan gaya hidup ke pasar Indonesia melalui empat merek ikonik dari Piaggio Group.

" Yaitu, Piaggio,Vespa, Aprillia dan Moto Guzzi. Saya percaya proyek industrial ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di lanskap otomotif, serta juga membawa pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami ke tingkat yang lebih tinggi," ujar Marco pada Selasa (9/11/2021).

Pengembangan fasilitas industri ini pun berada di area seluas 55.000 meter persegi dan berlokasi di kawasan industri Jabateka, Cikarang, Bekasi 35 kilometer timur Jakarta.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan industri otomotif di Indonesia diperkirakan masih bisa terus bertumbuh sebab rasio kepemilikan kendaraan bermotor masih rendah, terutama di segmen premium.

Agus pun menambahkan pembangunan pabrik Piaggio ini merupakan langkah penting bagi Indonesia dalam meningkat perekonomian nasional. Selain itu, investasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan industri otomotif di Indonesia.

“Ini adalah tahap awal, artinya ke depannya akan lebih banyak lagi aktivitas partisipasi maupun investasi dari teman-teman Italia, khususnya PT Piaggio Indonesia di Indonesia. Ini tentu akan menjadi komitmen kita bersama untuk mengawal investasi ini,” ujar Agus

Agus pun menuturkan rasio kepemilikan sepeda motor masih relatif kecil, berdasarkan catatannya 1 banding 6 yang memiliki sepeda motor di Indonesia. Terlebih Indonesia saat ini mempunyai target menjadi kekuatan ekonomi 7 besar di dunia pada tahun 2030, sehingga PDP dari masyarakat akan semakin tinggi dan naik.

"Ketika sudah menjadi negara ekonomi terbesar 7 di dunia. Saya tidak bisa bayangkan masyarakat middle class yang dimiliki Indonesia. Itu adalah target pasar Piaggio, atau Vespa pada khususnya," tutur Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper