Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Istimewanya Mobil Milik AKBP Syaiful Anwar yang Hajar Bawahan

Toyota Land Cruiser tahun 1996 milik Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar menjadi benchmark SUV 4WD era 1990-an yang terbilang sukses menggabungkan kemewahan dan kemampuan jelajah. Meski kini mobil tersebut sudah masuk kategori mobil tua yang berumur lebih dari 25 tahun, tetapi tampilan mobil ini bisa dibilang masih disegani. 
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  11:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Kapolres Nunukan, Kalimantan Utara, AKBP Syaiful Anwar, yang viral setelah aksinya menghajar anak buah bisa dibilang penggemar mobil berpenampilan gagah. Berdasarkan laporan kekayaan yang dilaporkan 24 Maret 2021, Syaiful memiliki Toyota Land Cruiser tahun 1996 atau dikenal dengan seri 80. Mobil ini dilaporkan memiliki harga Rp250 juta. 

Harga jual mobil tersebut lebih mahal dibandingkan dengan harga beli mobil baru tersebut pada tahun 1996. Berdasarkan penelusuran Bisnis, Toyota memasarkan Land Cruiser pada 1996 dengna harga sekitar Rp130 juta.

Adapun Toyota Land Cruiser sudah sejak lama identik dengan mobil tangguh di medan off road. Namun kehadiran seri 80 membuat Land Cruiser juga masuk dalam kategori kendaraan mewah.

Pada saat tahun 1990-an rata-rata harga mobil sekitar belasan juta hingga puluhan juta rupiah, SUV Toyota ini sudah dipatok dengan harga jual lebih dari Rp100 juta atau lebih kurang setara dengan Toyota Crown, sedan merek Toyota paling mewah.

Toyota Land Cruiser seri 80 juga menjadi benchmark SUV 4WD era 1990-an yang terbilang sukses menggabungkan kemewahan dan kemampuan jelajah. Meski kini mobil tersebut sudah masuk kategori mobil tua yang berumur lebih dari 25 tahun, tetapi tampilan mobil ini bisa dibilang masih disegani. 

Selain spesifikasi dan tampilan gagah, Land Cruiser seri 80 juga menjadi legendaris karena umur penjualannya tidak panjang. Toyota membawa mobil ini pada 1995 dan menghentikan pengiriman tiga tahun setelahnya. 

Hal lain yang membuat seri 80 istimewa adalah karena menjadi tonggak perubahan model Land Cruiser. Pada awalnya Land Cruiser adalah mobil fungsional yang minim fitur dan kenyamanan. Generasi sebelumnya hanya menjual kemampuan melibas medan terjal dan mendukung segala aktivitas luar ruang. 

Kehadiran seri 80 kemudian merubah citra Land Cruiser. Sejak 1995, Land Cruiser mengalami lompatan teknologi dan fitur yang membuatnya menjadi SUV seharga sedan mewah. 

Adapun Land Cruiser seri 80 memiliki mesin diesel 1HD-T berkapasitas 4.200 cc 6-silinder segaris. Tenaga maksimalnya sebesar 162 hp pada putaran mesin 3600 rpm dan torsi puncak mencapai 361 nm pada putaran mesin 1.400 rpm. Bila diadu dengan sedan, tentu tenaga mobil ini terbilang biasa saja, tetapi torsi yang dimiliki sangat besar, sehingga bisa melahap berbagai medan off-road.

Di balik semua kelebihan Toyota Land Cruiser seri 80, satu kekurangan utama mobil ini adalah masalah perawatan yang terbilang mahal untuk mobil Jepang. Selain itu, populasi mobil ini yang tidak terlalu banyak juga membuat pencarian suku cadang bukan perkara mudah. 

Pun mobil ini tidak begitu nyaman untuk dipakai harian, karena bodi bongsor membuatnya tidak bisa lincah bermanuver di jalan perkotaan. 

Oleh karena itu yang meminang Land Cruiser seru 80, seperti Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar bisa dikatakan sebagai penggemar berat SUV. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polisi mobil toyota
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top