Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tren Mobil: SUV Kian Diminati, Ini Penyebabnya

Pada kuartal I/2021, pangsa pasar SUV mencapai 25,86 persen, menggeser dominasi mobil MPV. Tipe SUV yang sedang digandrungi umumnya yang memiliki kapasitas tujuh penumpang, atau Low SUV (LSUV). 
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 14 September 2021  |  14:06 WIB
Mitsubishi Xpander Cross adalah satu LSUV yang diminati konsumen otomotif Indonesia.  - MMKSI
Mitsubishi Xpander Cross adalah satu LSUV yang diminati konsumen otomotif Indonesia. - MMKSI

Bisnis.com, JAKARTA — Daya tarik segmen SUV menguat dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini berdasarkan rekapitulasi data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) PT Hankook Tire Sales Indonesia.

Pada kuartal I/2021, pangsa pasar SUV mencapai 25,86 persen, menggeser dominasi mobil MPV. Tipe SUV yang sedang digandrungi umumnya yang memiliki kapasitas tujuh penumpang, atau Low SUV (LSUV). 

Daya tarik segmen SUV, khususnya LSUV diperkirakan menguat berkat berbagai keunggulan yang dimiliki kendaraan tersebut, seperti kabinnya yang berukuran besar baik untuk penumpang maupun barang, begitu pula ketangguhan performa di berbagai medan. 

National Sales Manager Passenger Car Radial Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono menyampaikan penerapan berbagai fitur teknologi pendukung untuk kenyamanan juga kepraktisan dalam penggunaan serta postur desainnya yang nampak gagah memberikan rasa percaya diri dan keamanan yang lebih baik bagi pengendara.

"Kami memandang LSUV diperkirakan menguat berkat berbagai keunggulan yang dimiliki kendaraan tersebut,” ungkapnya dalam siaran pers Hankook Tire, Senin (14/9/2021).

Peningkatan pasar yang signifikan pada segmen kendaraan LSUV ini turut disambut baik oleh Hankook Tire. Presiden Direktur Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin, menyampaikan sudah dalam 2–3 tahun terakhir  perusahaan gencar menyasar segmen SUV.

Meskipun LSUV belum benar-benar mengalahkan dominasi LMPV di Indonesia, perkembangan yang cukup signifikan ini jelas membuka banyak kesempatan besar bagi produsen mobil untuk melakukan diversifikasi penjualan. 

"Hal tersebut juga akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan ban high-inch, yaitu ban dengan ring 18 inch ke atas, yang didesain untuk LSUV.” ujar Yoonsoo Shin.

Yoonsoo Shin pun menuturkan SUV didesain sebagai mobil yang memiliki kapabilitas seperti truk pickup, namun dengan kenyamanan seperti mobil penumpang.  Menurutnya, kata utility pada SUV mengacu pada kapabilitas towing dan mesin yang berkekuatan tinggi berkisar hingga 300-400 Horsepower. 

Kapasitas muatan juga didukung dari body chassis-nya yang besar sehingga mampu menanggung muatan yang lebih besar dibanding sedan. SUV terkini memiliki muatan maksimum hingga 1.100 pounds dan mampu diisi hingga tujuh orang. 

Dengan perangkat suspensi yang kuat dan bannya yang besar membuat SUV mampu menghadapi medan on the road maupun off-road. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil Model SUV
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top