Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Impresi Pertama Berkendara New MG ZS, SUV British Ber-KTP China

New MG ZS telah resmi hadir di Indonesia. Namun MG Motor belum memberikan harga resmi mobil ini.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 13 September 2021  |  13:12 WIB
Impresi Pertama Berkendara New MG ZS, SUV British Ber-KTP China
MG Motor New MG ZS. - MG Motor Indonesia
Bagikan

BIsnis.com, JAKARTA — MG Motor Indonesia resmi membawa New MG ZS ke Tanah Air. Berbekal sejumlah fitur canggih di kelasnya, SUV cross over ini percaya diri bisa merebut hati generasi milenial atau yang setidaknya memiliki jiwa muda.

Dari segi lekukan New ZS cukup kuat memberikan impresi sebagai kendaraan eropa. Sebagaimana diketahui, MG Motor merupakan hasil kawin silang antara perusahaan otomotif Inggris dan China.

Pada 2005 MG Motor diakuisisi Nanjing Automobile Group. Kemudian Nanjing dibeli oleh SAIC yang juga pemilik merek Wuling pada 2007.

Adapun ZS anyar tampil dengan Exclusive High-gloss grille dengan logo ikonik dan klasik oktagonal MG. Logo itu diapit oleh dua lampu besar dengan model mata tajam menggunakan LED projector headlights.


New MG ZS memiliki speedometer dengan tampilan digital. /MG Motor

Melongok ke dalam kabin, ZS menawarkan tampilan digital, mulai dari entertainment system hingga speedometer. Stir flat bottom yang dilengkapi dengan berbagai tombol fungsional pun melengkapi suasana modern di dalam kabin.

Speedometer tampil dengan layar digital penuh. Sementara itu, layar monitor 10,1 inchi, peningkatan dari versi sebelumnya yang hanya 8 inchi, menjadi pusat hiburan sekaligus menampilkan berbagai pengaturan mode berkendara.


Layar 10,1 inchi New MG ZS yang juga berfungsi untuk memantau kondisi sekitar kendaraan secara menyeluruh. /MG Motor

Bisnis berkesempatan untuk mencoba duduk di belakang kemudi New MG ZS trim Magnifiy. Salah satu yang membuat terkesan adalah kursi pengemudi yang memilii kombinasi 6-way Electric Adjustable Driver Seat. Artinya pengemudi akan dengan mudah mengatur posisi duduk secara elektronik.

Pada bagian Atap, New MG ZS trim Magnifiy dilengkapi dengan panoramic sun roof yang hingga ke kursi penumpang. Gorden atap dapat ditutup hingga kursi penumpang. Kaca atap dapat terbuka hingga setengah untuk memberikan visual ke langit atau membuat aliran udara luar masuk ke dalam.


Panoramic sun roof New ZS. /MG Motor

Adapun terkait performa berkendara, SUV crossover ini dilengkapi dengan CVT 8-speed automatic transmission. Teknologi ini membuat perpindahan gigi semakin halus dan kenyamanan serta kelincahan mobil saat berpacu di jalan terasa menyenangkan.

Di balik kap mesin, ZS memiliki kapasitas sebesar 1.5 L yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 84 kw (114 ps) pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 150 Nm pada 4.500 rpm.

Sayang, Bisnis belum dapat banyak mengeksplorasi mesin ZS. Saat mencoba mobil ini di bilangan Pondok Indah, kondisi lalu lintas terbilang padat, sehingga tidak banyak kesempatan berakselerasi.

Namun, di tengah padatnya lalu lintas, segala teknologi ZS cukup membantu. Layar 10,1 inchi yang berada di tengah dashboard menampilkan visual mobil dari berbagai sisi. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri pengemudi, utamanya pengemudi pemula, saat harus berada di tengah kondisi jarak antar kendaraan begitu dekat.

Dengan segala spesifikasi tersebut MG Motor belum memberikan bocoran harga dan juga varian yang akan dipasarkan di Indonesia. Berkaca pada model sebelumnya, ZS dipasarkan dengan harga Rp261,8 juta hingga Rp295,8 juta. 

Di Indonesia New MG ZS, secara tampilan bersaing secara langsung dengan Honda HR-V yang juga mengisi pasar SUV crossover. Pada versi sebelumnya, satu keunggulan mobil hasil perkawinan perusahaan otomotif Inggris dan China ini adalah memiliki harga kurang dari Rp300 juta.

Sementara itu, sebagaimana diketahui, Honda mematok harga HR-V 1.5L varian paling rendah adalah Rp306 juta.  Kendati demikian, MG Motor masih memiliki pekerjaan rumah terkait jaringan dealer. Pasalnya hingga medio 2021, MG hanya memiliki 14 dealer di Indonesia. 

Hal tersebut akan menjadi pertimbangan konsumen otomotif. Pasalnya mobil-mobil lain yang mengisi pasar Rp200–Rp300 juta memiliki sedikitnya lebih dari 100 dealer di Tanah Air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif Test Drive MG Motor Indonesia
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top