Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota Pangkas Produksi Hingga 300.000 Unit Mobil

Pada awalnya Toyota berhasil menghindari pengurangan produksi karena perusahaan telah menimbun komponen utama di sepanjang rantai pasokan setelah gempa bumi di timur laut Jepang pada 2011.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 September 2021  |  12:01 WIB
Pabrik Toyota di Jepang.  - Toyota
Pabrik Toyota di Jepang. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Toyota Motor Corporation hendak memangkas target produksi tahunan hingga 300.000 unit mobil pada tahun ini. Kebijakan tersebut akan terbagi dalam dua tahap, yakni 70.000 unit mobil bulan ini dan 230.000 unit pada Oktober.

Pemangkasan produksi mobil Toyota terjadi lantaran meningkatnya virus Covid-19 yang memperlambat produksi dari pabrik suku cadang di Vietnam dan Malaysia. Kekurangan cip semikonduktor secara global menambah persoalan dalam produksi mobil.

“Ini kombinasi dari virus Corona dan semikonduktor. Namun, saat ini virus coronalah yang memiliki dampak luar biasa," ujar Kazunari Kumakura, Eksekutif Toyota, mengutip Tempo, Senin (13/9/2021).

Permintaan cip semikonduktor yang turut melonjak selama pandemi mengakibatkan perusahaan elektronik konsumen bergegas memenuhi kebutuhan produksi gawai, tablet, dan perangkat elektronik lainnya.

Toyota sebenarnya berhasil menghindari pengurangan produksi karena perusahaan yang telah menimbun komponen utama di sepanjang rantai pasokan setelah gempa bumi di timur laut Jepang pada 2011.

Pengumuman pemangkasan produksi pada Jumat lalu itu memberikan tanda lebih lanjut bahwa tidak ada industri mobil global yang lolos dari dampak pandemi Covid-19. Pandemi telah melemahkan penjualan mobil.

Sementara itu di Indonesia, produksi Toyota melemah pada Juli 2021 akibat pengetatan mobilitas atau PPKM Darurat seiring melonjaknya kasus positif Covid-19 kala itu. Secara bulanan volume produksi Toyota Indonesia turun 30,9 persen secara bulanan atau menjadi 30.579 unit. 

Hal itu sejalan dengan capaian pabrikan kendaraan roda empat dan lebih secara nasional yang merosot 25,1 persen secara bulanan menjadi 74.409 unit. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif toyota Pabrik Mobil

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top