Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Volkswagen Bawa Konsep Mobil Pintar di Munich

Volkswagen akan menampilkan mobil konsep pintar pada Munich Motor Show. Sejumlah teknologi canggih disematkan pada mobil prototipe ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 September 2021  |  18:16 WIB
VW ID Buzz AD.  - Volkswagen
VW ID Buzz AD. - Volkswagen

Bisnis.com, JAKARTA — Volkswagen Commercial Vehicles bersama Argo AI mengembangkan konsep ID Buzz AD (Autonomous Driving) yang akan dimunculkan pada Munich Motor Show pada 6 September 2021.

Prototipe mobil pintar ini mengembangkan tampilan dari ID.Buzz yang datang dari konsep 2017. Van ini ditampilkan dengan sentuhan retro. 

Mobil pintar jenis van ini dilengkapi kamera, radar, hingga sensor lidar atau peraba jarak jauh yang dipasang di atap. Teknologi ini dapat mendeteksi objek sejauh lebih dari 400 meter dan memberikan pandangan menyeluruh  dengan sudut 360 derajat dari lingkungan sekitar.

Volkswagen menyebutkan bahwa model tersebut telah mematenkan “teknologi mode Geiger” yang memungkinkan prototipe dalam mendeteksi objek dengan reflektifitas rendah seperti kendaraan hitam.

Model ini juga dilengkapi sistem self-driving Argo AI yang mencakup peta, perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur pendukung cloud yang memungkinkan untuk dapat memprediksi setiap tindakan dari pejalan kaki, pengendara lain dan mengarahkan mesin pada pengereman dan mengemudi yang lebih aman dan alami.

Prototipe mobil pintar Volkswagen tersebut sedang menjalani pengujian ekstensif dalam persiapan meluncurkan layanan ridepooling dengan MOIA. Van ini dijadwalkan ada di jalanan Hamburg mulai 2025.

Sementara itu, Volkswagen AG merevisi naik perkiraaan pendapatannya setelah mencetak kinerja cukup baik pada paruh pertama 2021. 

Pembuat mobil mengharapkan laba operasi pada penjualan tahun ini akan naik menjadi antara 6–7,5 persen.  “Kami telah berhasil mengatasi dampak kemacetan semikonduktor hingga saat ini, meskipun kami mengantisipasi efek yang lebih menonjol pada kuartal ketiga,” kata Chief Financial Officer Arno Antlitz dalam sebuah pernyataan, mengutip Bloomberg, Kamis (29/7/2021).

VW bergabung dengan rekan-rekan termasuk Daimler AG dan Stellantis NV yang mencetak kinerja kuat pada paruh pertama tahun ini. Pabrikan terbilang berhasil mengatasi krisis cip yang telah menghambat manufaktur di seluruh dunia bersama dengan pembatasan yang masih ada terkait dengan pandemi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif volkswagen Mobil Otonom

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top