Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berikut Tips bagi Truk dan Bus Saat Menghadapi Jalanan Menantang

Berkendara di jalanan bergelombang, berlubang atau rusak memerlukan kehati-hatian ekstra.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 28 Agustus 2021  |  16:45 WIB
Ilustrasi truk logistik melewati jalan tol di Tb Simatupang, Jakarta, Rabu (28/4/2021). - Bisnis.com
Ilustrasi truk logistik melewati jalan tol di Tb Simatupang, Jakarta, Rabu (28/4/2021). - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kendaraan besar seperti bus dan truk dianggap memiliki ketahanan kaki-kaki yang sangat baik. Besarnya ukuran ban yang digunakan jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi, terlihat memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman dan aman.

Bahkan, dikarenakan ukuran ban kendaraan bus dan truk tersebut, jalanan yang bergelombang hingga berlubang tidak menjadi masalah sedikitpun.

Meski demikian, National Sales Manager Truck & Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni mengatakan bahwa berkendara di jalanan bergelombang, berlubang atau rusak memerlukan kehati-hatian ekstra.

Menurutnya, jika terjadi benturan ban dengan permukaan jalan yang berlubang atau rusak dapat berakibat pada pecahnya ban, kerusakan pada pelek, hingga hancurnya komponen kaki-kaki kendaraan lainnya.

“Hal ini akan menjadi lebih buruk jika kendaraan sedang membawa muatan berlebih dengan tekanan angin yang kurang,” kata Ahmad dalam keterangan tertulis, yang diterima Bisnis, Sabtu (28/8/2021).

Ahmad menuturkan, salah satu tips bagi bus dan truk saat melintasi jalan yang menantang adalah cengkraman ban yang optimal. Ini menjadi syarat utama bagi para pengemudi untuk bisa mengendalikan kendaraannya dengan baik, serta memaksimalkan durasi umur ban.

“Selain kehati-hatian ekstra dalam mengemudi, pemilihan ban sesuai dengan kondisi jalan atau operasional fleet juga menjadi bagian penting. Hal ini dikarenakan setiap jenis ban dirancang untuk masing-masing operasional ataupun kondisi jalan tertentu,” jelasnya.

Selain itu, periksa kondisi ban sebelum menggunakan kendaraan. Tidak hanya tekanan angin, pastikan juga tinggi kembang ban masih layak digunakan dan tidak gundul. Pastikan tidak ada batu-batu yang menancap di telapak ban ataupun di antara ban ganda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips mengemudi truk bus
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top