Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil China Chery Mulai Jualan 2022, Punya Model Pesaing Honda CR-V

Instagra @cherymotorsindonesia mengunggah teaser SUV milik mereka yakni Tiggo dengan tulisan Fun To Drive. Hal ini pun menjadi pesan awal kepada publik mengenai rencana kedatangan Chery di Tanah Air. 
Chery Tiggo 7 Pro. /Chery
Chery Tiggo 7 Pro. /Chery

Bisnis.com, JAKARTA — Merek mobil asal China, Chery dikabarkan akan mulai berjualan di Indonesia mulai tahun depan atau 2022. Informasi ini diterima Bisnis dari orang yang berkepentingan terhadap hal tersebut. 

Sebagai informasi, Jauh sebelum Wuling dan DFSK tiba di Indonesia, pasar otomotif nasional sempat diisi oleh beberapa pabrikan asal China. Satu di antaranya adalah Chery Namun nasibnya nahas karena akhirnya terlindas pabrikan Jepang.

Mundur ke tahun 2006, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS) memboyong merek Chery yang mengusung konsep mobil perkotaan. Lima tahun setelahnya atau 2011, IMAS 2011 menghentikan pemasaran mobil Chery karena penjualan yang terus merosot sehingga sulit meningkatkan pangsa pasar.

Komisaris PT IMAS saat itu, mendiang Gunadi Sindhuwinata, mengakui Indomobil telah membekukan importasi seluruh model Chery mulai tahun 2011 dan hanya tinggal menghabiskan stok mobil China tersebut dari gudang.

“Statusnya kami freeze [bekukan] dahulu mulai tahun ini. Sebagai layaknya perusahaan, kami tak ingin bekerja sosial tapi kami ingin bekerja sepenuhnya untuk Indomobil guna mendapatkan return yang sepadan. Kalau respons masyarakat berbeda [soal Chery], kami semestinya tahu diri,” ujarnya kepada Bisnis pada 2011.

Kemudian pada 2012, Chery International, kembali masuk pasar Indonesia dengan menunjuk mitra bisnis baru, yakni PT Chery Mobil Indonesia sebagai agen tunggal pemegang merek. Sama seperti sebelumnya, umur Chery tidak bertahan lama.

Padahal bersama CMI, Chery sempat berbicara mengenai investasi di Indonesia. Akan tetapi nasib berkata lain. Chery undur diri tanpa pamit. Penjualan terakhir mobil ini tercatat pada 2014. 

Sementara itu belum lama ini @cherymotorsindonesia mengunggah gambar SUV milik mereka yakni Tiggo 7 Pro. Unggahan ini menjadi salah satu pesan awal publik mengenai rencana kedatangan Chery di Tanah Air. 

Chery Tiggo 7 Pro akan mengisi ceruk pasar yang sama dengan Honda CR-V, HR-V, hingga Wuling Almaz. Dari sisi eksterior, Tiggo memiliki garis desain yang mirip dengan rekan senegaranya, Wuling Almaz. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper