Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkaian Sejarah Vespa di Indonesia, dari 1950-an hingga 2021

Vespa memiliki tempat tersendiri di dunia otomotif Indonesia. Berikut adalah rangkuman sejarah skuter asal Italia.
Logo Vespa.
Logo Vespa.

Bisnis.com, JAKARTA — Tahun 2021 menjadi periode yang sangat penting bagi Vespa. Tidak hanya merayakan ulang tahun yang ke-75, Vespa merayakan pencapaian produksi lebih dari 19 juta unit.

Belum lama ini, PT Piaggio Indonesia secara resmi memperkenalkan Vespa 75th Anniversary Limited Edition yang direpresentasikan melalui dua model ikonik Vespa, yaitu Vespa Primavera 150 dan Vespa GTS untuk merayakan dua pencapaian yang luar biasa ini.

Di Indonesia, merek Vespa telah hadir selama hampir delapan dekade. Selama kurun waktu tersebut, banyak cerita yang terukir dan tak terlupakan oleh pencinta Vespa di Tanah Air.

Berikut adalah rangkuman sejarah Vespa di Indonesia:

- 1950-an
Periode ini merupakan era paling bersejarah bagi Vespa, sebab pada waktu ini Vespa lahir dan mulai berkembang di Indonesia. Produk pertama dari Vespa bahkan masih sering dijumpai di berbagi jalan sampai dengan saat ini.

Rangkaian Sejarah Vespa di Indonesia, dari 1950-an hingga 2021


- 1960-an
Setelah dekade pertama sejak kelahirannya, Vespa semakin diterima dan populer. Di masa ini, Vespa disorot karena dipilih untuk menjadi simbol penghormatan terhadap Kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia.

Pemerintah Indonesia memberikan Vespa atas jasa Kontingen Garuda sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Kongo. Momentum ini menjadi sebuah torehan sejarah yang berarti dan mendalam bagi Vespa di Indonesia.

Rangkaian Sejarah Vespa di Indonesia, dari 1950-an hingga 2021

- 1970-an:
Kejayaan Vespa terus berlanjut, melalui model-model klasik dan ikonik, dari Vespa Sprint 150cc, Vespa Super 150cc dan Vespa Special 90cc. Sampai hari ini, Vespa model tersebut masih bernilai di mata para pecinta Vespa.

- 1980-an:
Di era ini, Vespa yakin bahwa Indonesia siap untuk menarik perhatian pecinta otomotif dengan line up big engine. Vespa Excel 200cc dan Vespa Spartan 200cc merupakan dua model big engine pertama yang dipasarkan di Indonesia.

- 1990-an
Vespa Corsa yang dilengkapi starter elektrik dan transmisi matik hadir pertama kali di Indonesia. Vespa Corsa sendiri memulai peralihan Vespa klasik menuju Vespa modern, sehingga menjadikan Vespa Corsa sebagai pelopor motor matik di Tanah Air.

- 2000-an
Menandai ulang tahun ke-50, Vespa mempersembahkan Vespa ET dalam tiga versi, yaitu Vespa ET4, Vespa ET2, dan Vespa ET2 Injection. Vespa ET4 mendulang popularitasnya karena untuk pertama kalinya, Vespa hadir dengan mesin 4-tak dengan transmisi otomatis.

Vespa ET4 juga menjadi basis Vespa Ferrari Limited Edition yang dibuat khusus untuk tim Ferrari saat merayakan pencapaian mereka di Kejuaraan Dunia Formula 1.

- 2011
Karena antusiasme begitu tinggi, PT Piaggio Indonesia hadir secara resmi di Indonesia untuk memberikan pelayanan dan produk terbaik bagi konsumer di market ini. Produk pertama yang dibawa oleh PT Piaggio Indonesia adalah Vespa LX 150 2v dan Vespa S 150 2v.

- 2012
Vespa kembali menghadirkan line up big engine dengan menghadirkan Vespa GTS 250 sebagai flagship dari Vespa pada tahun tersebut. Perusahaan juga merilis Vespa PX 150 yang unik dan klasik bagi pecinta Vespa.

- 2013
Setelah mengawali kehadiran Vespa resmi di bawah naungan PT Piaggio Indonesia, perusahaan semakin memperluas rangkaian produknya dengan meluncurkan Vespa Primavera 150 3v, Vespa Sprint 150 3v dan Vespa 946 Ricordo Italiano.

- 2015
Untuk menekankan komitmennya bagi seluruh pecinta lifestyle dan otomotif, Vespa berkolaborasi dengan Giorgio Armani, salah satu brand ternama di dunia dan meluncurkan Vespa 946 Emporio Armani.

Rangkaian Sejarah Vespa di Indonesia, dari 1950-an hingga 2021

Kolaborasi ini merupakan interpretasi dari perayaan dua ulang tahun merek Italia, yakni ulang tahun Piaggio Group yang ke-130 dan brand Giorgio Armani yang ke-40.

- 2016
Merayakan ulang tahun yang ke-70, Vespa menghadirkan Vespa Settantesimo atau Vespa 70th Anniversary yang direpresentasikan oleh model Vespa PX, Primavera, dan GTS.

Rangkaian Sejarah Vespa di Indonesia, dari 1950-an hingga 2021

Ketiga Vespa edisi terbatas ini dibalut dengan warna Azzuro 70, warna biru muda khas tradisi Vespa. Di tahun yang sama, Vespa juga memulai pembaharuan mesin dengan memperkenalkan teknologi mesin i-get.

- 2017
PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Vespa GTS 300, sebagai Vespa bertenaga big engine yang menjadi standar terbaru bagi Vespa GTS di masa depan.

- 2018
Tahun tersebut menjadi era yang juga istimewa bagi Vespa karena model klasik, Vespa Primavera berulang tahun ke-50. Vespa Primavera telah mewarnai hari-hari para pecinta Vespa selama setengah abad, dan masih tetap digemari sampai hari ini.

- 2019

Rangkaian Sejarah Vespa di Indonesia, dari 1950-an hingga 2021

Pada tahun ini, Vespa Indonesia kembali melengkapi pilihan ragam produknya dengan menghadirkan produk baru Vespa GTS Super Tech 300 HPE ABS. Vespa Super Tech 300 HPE menjadi Vespa pertama yang dilengkapi fitur layar digital TFT berwarna.

- 2020
Vespa berkolaborasi dengan seniman kelas dunia melalui Vespa Primavera Sean Wotherspoon dengan jumlah yang sangat terbatas. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari Vespa yang selalu berjiwa muda dan relevan dari generasi ke generasi.

- 2021
Menjadi tahun penuh perayaan bagi PT Piaggio Indonesia, terutama bagi Vespa yang berulang tahun ke-75 dan telah mencapai lebih dari 19 juta unit produksi secara global.

Rangkaian Sejarah Vespa di Indonesia, dari 1950-an hingga 2021

Sebelumnya, Vespa juga merilis Vespa Picnic untuk mereka yang menyukai kebebasan dan menghargai setiap momen kecil yang sangat berarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper