Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beda dari Motor Biasa, Begini Cara Merawat Motor Sport

Selain memiliki harga di atas rata-rata motor biasa, perawatan motor sport juga bisa terbilang mahal.
Mengisi minyak rem pada sepeda motor. /Suzuki
Mengisi minyak rem pada sepeda motor. /Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki motor sport merupakan impian bagi sebagian orang. Proporsinya yang gagah bisa membuat pengendaranya tampil lebih keren.

Selain memiliki harga di atas rata-rata motor biasa, perawatan motor sport juga bisa terbilang mahal. Tetapi, ada beberapa cara merawat motor sport dengan benar dan mudah. Berikut langkah merawat motor sport, menurut Suzuki:

- Panasi Mesin Motor Setiap Hari

Sebagai salah satu cara menjaga performanya tetap prima, motor sport harus dihidupkan mesinnya setiap hari. Entah mau dipakai untuk bepergian ke suatu tempat atau tidak. Yang pasti, memanasi mesin harus dilakukan secara rutin.

Memanasi mesin merupakan hal yang sangat dianjurkan. Tidak perlu waktu lama, anda hanya perlu memanaskannya selama 10-15 menit saja. Lakukan secara rutin dan sebaiknya dilakukan di pagi hari sebelum digunakan untuk beraktivitas.

Memanasi mesin semacam ini gunanya untuk menjaga komponen-komponen yang ada di dalam mesin motor agar tetap bisa bekerja secara maksimal dan sesuai tugasnya. Dengan demikian, mesin motor tidak cepat rusak meskipun jarang digunakan.

- Pilih Bahan Bakar Kualitas Terbaik

Motor sport adalah motor mahal. Sangat sayang apabila tidak dirawat dengan baik dan kemudian mengalami kerusakan. Karena itu, banyak hal yang harus benar-benar diperhatikan agar motor tidak cepat rusak. Salah satunya dalam pemilihan bahan bakar.

Motor sport sebaiknya menggunakan bahan bakar yang memiliki kualitas terbaik. Sebagaimana seluruh komponen-komponen motor terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, hal ini perlu diselaraskan dengan bahan bakar yang anda gunakan.

- Cek Oli Secara Rutin

Oli merupakan komponen pelumas seluruh bagian mesin. Karena itu bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor, khususnya motor sport, kondisi oli merupakan hal yang tidak boleh luput dari perhatian. Oli harus dicek kondisinya secara rutin.

Jika anda mendapati ketinggian oli berada di bawah batas minimal dan kondisinya masih bersih, maka segera lakukan pengisian ulang. Jangan biarkan motor sport anda kekurangan oli agar performanya tetap prima ketika digunakan.

Namun, jika kondisi oli sudah kotor dan terlalu keruh, sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Penggantian oli setidaknya dilakukan selama 1-2 bulan sekali, tergantung seberapa sering anda memakai kendaraan. Jika sering dipakai, lakukan ganti oli 1 bulan sekali.

- Pantau Kondisi Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan motor sport pun juga tidak boleh luput dari perhatian. Kelistrikan merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah kendaraan. Tanpa adanya komponen tersebut, mesin motor tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Oleh sebab itu, kondisi sistem kelistrikan harus dipantau secara berkala agar motor tetap nyaman saat dikendarai. Terlebih bagi motor sport yang hanya menggunakan starter electric. Pengecekan kondisi sistem kelistrikan bisa dilakukan melalui aki.

Jika kondisinya terlalu kotor, segera bersihkan agar tidak menimbulkan kerak. Jaga kondisinya tetap baik supaya arus listrik yang disalurkan ke seluruh bagian mesin tidak terhambat apapun.

- Rutin Servis Motor

Perbaikan komponen atau sistem pada sebuah kendaraan tidak bisa dilakukan sendiri. Tetap memerlukan tenaga yang lebih ahli untuk melakukannya. Apalagi jika motor yang di miliki adalah motor sport, anda tidak boleh secara sembarangan mengotak-atik komponennya.

Supaya keadaan motor tetap prima, cara merawat motor sport selanjutnya adalah dengan melakukan servis secara rutin di bengkel resmi terdekat. Hal tersebut sebagai wujud antisipasi apabila ditemukan kerusakan pada spare part-nya bisa segera diperbaiki.

- Periksa Kondisi Rantai dan Ban

Jangan lupa pula untuk memeriksa kondisi rantai dan ban motor. Pastikan keduanya aman digunakan untuk berkendara. Apabila menemui ban motor Anda sudah dalam kondisi halus, segera lakukan penggantian.

Ban yang sudah halus akan sangat berbahaya digunakan berkendara. Tipis dan halusnya ban akan terasa licin ketika digunakan. Hal ini bisa sangat berbahaya jika dibiarkan karena dapat menyebabkan kecelakaan.

Rantai motor juga tidak boleh dibiarkan dalam kondisi terlalu kering. Ia harus memiliki pelumas agar tidak mudah rusak dan aman digunakan. Apabila rantai sudah kendor, segera ganti dengan yang baru.

- Jangan Parkir Motor di Tempat Panas

Sebagaimana kulit manusia, terpapar sinar matahari terlalu sering juga tidak baik bagi motor sport. Motor sport yang diparkir di tempat terbuka dan terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, bisa mengakibatkan fairing mengeras, kaku, kemudian pecah.

Jika hal tersebut terjadi, tampilan motor anda tentu tidak akan kinclong lagi bukan? Warnanya pun akan terlihat memudar. Maka dari itu, sebaiknya Anda pilih tempat parkir yang teduh untuk menjaga tampilan motor sport tetap terlihat keren.

- Jangan Sering Melakukan Bongkar Pasang

Untuk merawat motor sport agar tetap dalam kondisi baik, hindari melakukan bongkar pasang terlalu sering, terutama jika yang sering dibongkar pasang adalah bautnya.

Hindari mengganti baut asli bawaan pabrik dengan yang lain. Jenis baut yang berbeda bisa merusak lubang dan fairing. Selain itu, jangan terlalu kencang memutar baut agar tidak merusak bagian fairing.

- Jaga Kebersihan Fairing

Fairing sebaiknya dibersihkan secara berkala agar tampilannya tetap kinclong. Apalagi, jika motor baru terkena hujan. Sebaiknya segera cuci motor sport anda agar tidak menimbulkan karat di bagian tertentu. Intinya, kebersihan fairing harus dijaga setidaknya dengan membersihkannya menggunakan lap agar kotoran atau debu yang menempel hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper