Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

100 Unit Motor Sport KTM Ludes dalam 4 Menit, Apa Saja Keunggulannya?

KTM RC 8C merupakan hasil rekayasa bersama dengan Kraemer Motorcycles. Sepeda motor sport tersebut disematkan komponen balap dengan performa tinggi, tetapi menggunakan mesin produksi yang digunakan KTM 890 Duke R. Ini dilakukan agar perawatan dan ketersediaan suku cadang bisa dilakukan lebih mudah.
KTM RC 8C 2021/Istimewa
KTM RC 8C 2021/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA—Tak cukup waktu lama bagi KTM, produsen sepeda motor yang bermarkas di Mattighofen, Austria, ini untuk menjual motor sport terbarunya KTM RC 8C.

Dikutip dari laman resmi perusahaan, Minggu (25/7/2021), pemesanan 100 unit RC 8C, yang dibuka pukul 16.00 Central European Summer Time (CEST) pada 22 Juli 2021, ludes hanya dalam waktu 4 menit 32 detik. Seluruh unit kendaraan itu terjual melalui platform penjualan digital KTM.

Menariknya, 25 dari 100 pelanggan yang beruntung dapat berkendara bersama dengan pembalap Red Bull KTM Factory Racing, yakni Dani Pedrosa dan Mika Kallio. Acara ini sejalan dengan serah terima kendaraan yang berlangsung di Jerez, Spanyol pada 7—9 Oktober 2021.

KTM RC 8C merupakan hasil rekayasa bersama dengan Krämer Motorcycles. Sepeda motor sport tersebut disematkan komponen balap dengan performa tinggi, tetapi menggunakan mesin produksi yang digunakan KTM 890 Duke R. Ini dilakukan agar perawatan dan ketersediaan suku cadang bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Sementara itu, tenaga RC 8C berasal dari mesin parallel-twin dengan DOHC dan empat katup per silinder. Mesin ini dapat memuntahkan tenaga 128 hp dan torsi 101 Nm. Dengan bobot 140 kilogram, rasio power-to-weight RC 8C mendekati 1:1.

Diambil dari basis motor balap, tangki bahan bakar motor ini sama seperti sepeda motor MotoGP. Posisinya ada di bawah jok dengan tutup tangki yang juga diletakkan di belakang. Kapasitasnya mencapai 15,9 liter.

Suspensi KTM RC 8C mengandalkan WP Suspension dengan pemakaian suspensi depan menggunakan tipe WP APEX PRO 7543 berdiameter 43 mm. Adapun, pada bagian belakang disematkan WP APEX PRO 7746 yang dapat disetel sepenuhnya.

RC 8C turut dilengkapi dengan layar TFT-LCD 5 inci AIM MXS 1.2 Race. Dasbor AIM dipasangkan perangkat lunak AIM RaceStudio, sehingga memungkinkan pengendara mencatat kinerja mesin, pengaturan ECU, dan waktu putaran secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper