Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

All New Avanza 2022 Meluncur November 2021? Simak Bocorannya

Rumor peluncuran All New Avanza 2022 semakin santer terdengar. Kabarnya generasi baru LPMV tersebut akan diperkenalkan pada November 2022.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Juli 2021  |  12:17 WIB
Daihatsu DN Multisix.  - Daihatsu
Daihatsu DN Multisix. - Daihatsu

Bisnis.com, JAKARTA — Rumor mengenai Toyota Avanza baru 2022 semakin santer terdengar. Apabila benar, mobil ini akan dirilis pada November 2021, maka waktu peluncuran All New Avanza 2022 akan berdekatan dengan versi produksi massal Honda N7X Concept yang diduga sebagai generasi terbaru Honda BR-V. 

Dengan demikian kompetisi mobil seharga Rp200 juta hingga Rp300 juta, di mana kedua mobil tersebut berada, akan semakin sengit. Di Indonesia, saat ini segmen tersebut bisa dibilang dikuasai oleh Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Honda BR-V, dan Toyota Rush. 

Adapun rumor peluncuran All New Avanza sebenarnya sudah mulai ramai sejak tahun lalu. Apalagi desain Avanza - Xenia sudah bertahan sejak tahun 2011. Artinya, sudah 10 tahun Avanza - Xenia belum melakukan major change atau perubahan mayor. 

Menurut laporan Wapcar yang dikutip dari Tempo, Sabtu (10/7/2021), Avanza dan Xenia, tetap akan berbagi platform yang sama. Keduanya akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sama seperti yang digunakan pada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. 

All New Avanza diperkirakan akan dibekali dengan mesin 1.5L Dual VVT-i bensin yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis (CVT). Menariknya, besar kemungkinan Avanza-Xenia terbaru tidak lagi menggunakan penggerak roda belakang, tapi menggantinya dengan penggerak roda depan. 

Soal desain, Avanza-Xenia memiliki sejumlah model konsep yang telah diperkenalkan dalam berbagai pameran otomotif di Indonesia maupun di Jepang. Satu model konsep yang cukup sering tampil di pameran otomotif adalah DN multisix, sebuah platform mobil MPV dengan 7 penumpang.

DN Multisix memiliki desain yang cukup revolusioner untuk sebuah MPV Rp200 juta-an. Sentuhan desain mobil ini bisa terlihat lebih mewah serta futuristik. Sepintas, mirip dengan desain N7X Concept. 

Secara dimensi, DN Multisix sedikit lebih besar dibandingkan dengan Avanza-Xenia. Mobil konsep ini memiliki dimensi yang lebih kurang setara dengan Daihatsu Terios.  Secara teknis, DN Multisix memiliki dimesi panjang 4.310 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.605 mm.

Menurut bocoran dari Wapcar, Avanza terbaru nantinya akan dibekali dengan fitur keselamatan yang lebih baik dibanding model yang saat ini dipasarkan, seperti enam airbag dan aunomous emergency braking (AEB).

Ada kemungkinan juga Avanza dan Xenia terbaru juga akan mengusung fitur keselamatan tercanggih yang dikembangkan Toyota dan Daihatsu. Fitur tersebut adalah Toyota Safety Sense untuk Avanza dan Advanced Safety Assist  untuk Xenia. Fitur ini juga terdapat di Raize dan Rocky tipe tertinggi. 

Fitur keselamatan canggih ini tentunya dapat menjadi modal berharga bagi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia untuk menghadapi persaingan di kelas Low MPV. Kelas ini memiliki persaingan yang ketat dengan sejumlah pemain seperti Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero S. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif toyota Avanza

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top