Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serba-serbi Honda Mobilio, Awal Kemunculannya Pernah Tekan Avanza

Honda Mobilio diluncurkan ke Indonesia membawa misi khusus, yaitu mengisi ceruk pasar LMPV yang dikuasai oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Nissan Grand Livina.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 Juni 2021  |  23:26 WIB
Ilustrasi Honda Mobilio - Istimewa
Ilustrasi Honda Mobilio - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Honda Mobilio hadir ke Indonesia pada awal 2014. Kemunculannya saat itu sempat menjadi pesaing ketat Toyota Avanza dan kawan-kawan.

PT Honda Prospect Motor pertama kali memperkenalkan Mobilio pada pergelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di Jakarta International Expo, Kemayoran. Hanya selang setahun, Mobilio resmi dirilis kepada publik.

Mobilio hadir dengan menggunakan platform Brio. Ia menyandang mesin yang sama dengan Jazz dan Freed, yakni 1.5 liter atau 1.496 cc, 4 silinder segaris. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga maksimum 116 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Memiliki opsi transmisi manual dan otomatis, harga jual Mobilio pada 2014 dimulai dari Rp159,5 juta. Adapun, harganya kini mulai Rp203 juta sampai dengan Rp257,5 juta.

Mobilio diluncurkan ke Indonesia membawa misi khusus, yaitu mengisi ceruk pasar low multipurpose vehicle (LMPV) yang dikuasai oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Nissan Grand Livina.

Kemunculan Mobilio di pasar Tanah Air rupanya mampu menekan ekstensi Avanza dan kawan-kawan. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dalam waktu 7 bulan, Mobilio mampu mengambil 17 persen lebih pangsa penjualan ritel di pasar otomotif domestik pada 2014.

Hasilnya, penjualan Mobilio yang awalnya hanya sekitar ratusan unit pada Januari 2014 tumbuh menjadi 4.000 unit per bulan, naik lagi sampai dengan 5.000 unit hingga sekitar 8.000 unit pada Mei 2014.

Penjualan Mobilio sedikit menurun pada Juni menjadi sekitar 7.000 unit, dan pada Juli menjadi sekitar 5.500 unit. Total penjualan selama tujuh bulan mencapai sekitar 42.000 unit.

Meskipun demikian, Avanza tidak tinggal diam. Mobil ini masih dapat mendominasi segmen LMPV meski ditekan oleh penantang baru, yakni Mobilio.

Selama tujuh bulan penjualan pada 2014, Avanza menguasai sekitar 40 persen pangsa pasar otomotif. Dominasi ini terjaga berkat capaian penjualan sekitar 14.000 unit tiap bulannya. Alhasil, selama tujuh bulan 2014 Avanza masih mampu terjual sekitar 97.000 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pasar Otomotif Honda Mobilio
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top