Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif : Ini Manfaat Shift Lock untuk Parkir Paralel

Untuk membuat sistem keluar masuk mobil dengan mudah, setiap mobil tidak boleh menggunakan rem tangan.
Ilustrasi transmisi manual. /Auto2000
Ilustrasi transmisi manual. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA —  Ketika berada di lahan parkir yang tidak terlalu luas, pola parkir paralel acap kali diterapkan. Dengan pola tersebut, maka bagian depan mobil akan bertemu bagian belakang dari kendaraan di depannya.

Untuk membuat sistem keluar masuk mobil dengan mudah, setiap mobil tidak boleh menggunakan rem tangan. Penerapan ini akan membuat proses keluar masuk mobil tetap mudah karena setiap kendaraan dapat didorong dengan.

Sebenarnya mobil dengan transmisi matik memiliki peluang roda-roda terkunci saat parkir menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan model manual. Alasan utamanya bukan karena mengaktifkan rem tangan, melainkan mereka belum mengetahui fungsi tombol Shift Lock.

Dengan keberadaan tombol ini, maka Anda tak perlu mengaktifkan rem tangan ketika sedang parkir paralel. Berikut perincian dan cara penggunaan tombol Shift Lock, menurut Auto2000:

  1. Geser Transmisi ke Posisi “P”

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggeser transmisi ke posisi “P”. Tentu saja ini memberi penanda pada mobil sedang ingin parkir. Ketika tuas ada di posisi ini, secara otomatis seluruh roda mobil terkunci.

  1. Matikan Mesin

Setelah memindahkan transmisi ke posisi “P”, Anda dapat mematikan mesin untuk memulai langkah selanjutnya.

  1. Cabut Kunci Kontak

Kini, saat mencabut kunci kontak dari tempatnya. Namun, bukan berarti dengan mencabut kunci kontak, tugas selesai. Seperti yang dijelaskan di atas, Anda perlu memanfaatkan fungsi tombol Shift Lock yang telah tersedia di hampir seluruh mobil dengan transmisi matik.

  1. Gunakan Tombol Shift Lock

Untuk menggunakan tombol Shift Lock, Anda harus menekannya. Tekan dan tahan tombol tersebut sambil memindahkan tuas transmisi ke posisi “N” atau netral. Jika sudah di posisi netral, Anda dapat melepas tombol Shift Lock.

Penggunaan Shift Lock membuat mobil dapat didorong ketika sedang parkir paralel. Mungkin ada juga yang berpikir bahwa seharusnya tidak perlu memasukkan transmisi ke posisi “P” ketika sedang memulai proses memarkir.

Maksud dari memindahkan transmisi ke “P” adalah untuk melepaskan kunci mobil. Jika tidak dipindahkan ke “P”, kunci mobil tidak dapat dilepas.

  1. Tidak Perlu Tarik Handbrake

Dengan penggunaan tombol Shift Lock, Anda sudah tak perlu lagi menarik handbrake. Posisi mobil akan tetap aman, kecuali jika memang didorong. Jadi, proses parkir paralel mobil matik menjadi lebih mudah berkat tombol tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper