Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Memasuki Era PPnBM 50 Persen, Ini Perkiraan Harga Mitsubishi Xpander

Periode diskon PPnBM 50 persen berlaku sepanjang Juni hingga Agustus 2021. Penyesuaian harga akan kembali dilakukan para agen pemegang merek (APM), yang selama Maret – Mei mendapatkan diskon PPnBM sebesar 100 persen.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  09:46 WIB
Mitsubishi Xpander Black Edition merupakan edisi spesial model Xpander yang dikembangkan dengan dengan basis varian Exceed A/T dan Exceed M/T.  - MMKSI
Mitsubishi Xpander Black Edition merupakan edisi spesial model Xpander yang dikembangkan dengan dengan basis varian Exceed A/T dan Exceed M/T. - MMKSI

Bisnis.com, JAKARTA – Pada Juni 2021, relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) resmi memasuki tahap kedua. Artinya, mobil-mobil penerima insentif, seperti Mitsubishi Xpander akan mendapatkan diskon PPnBM sebesar 50 persen.

Periode diskon PPnBM 50 persen berlaku sepanjang Juni hingga Agustus 2021. Penyesuaian harga akan kembali dilakukan para agen pemegang merek (APM), yang selama Maret – Mei mendapatkan diskon PPnBM sebesar 100 persen.

Dengan demikian, penyesuaian harga Mitsubishi Xpander selama periode kedua PPnBM diperkiraan turun sebesar Rp9,8 juta hingga Rp11 jutaan dari harga normal.

Sebagai contoh, varian tertinggi dari Xpander, yakni Ultimate A/T dibanderol dengan harga normal Rp278,9 juta. Jika dihitung dengan pengurangan PPnBM 50 persen, varian tersebut akan dipasarkan dengan harga Rp268 jutaan atau turun sekitar Rp10 juta.

Sementara itu, penyesuaian harga juga berlaku bagi Xpander Cross. SUV besutan Mitsubishi ini memiliki harga mulai Rp276,5 juta hingga Rp299,5 juta untuk tipe tertingginya. Dengan diskon PPnBM 50 persen, harga mobil ini diperkirakan susut hingga Rp11 jutaan.

Dalam pemberitaan sebelumnya, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengatakan kebijakan relaksasi PPnBM membuat permintaan Xpander dan Xpander Cross meroket.

Pada Januari – Februari volume produksi mobil unggulan Mitsubishi Indonesia tersebut tercatat sebanyak 2.500 unit. Tetapi, memasuki Maret dan Mei, volume produksi model tersebut naik dua kali lipat menjadi 5.000 unit.

Tingginya permintaan tersebut rupanya tidak dibarengi dengan suplai yang memadai karena pabrikan masih menyesuaikan kapasitas produksi dengan menerapkan protokol kesehatan. Alhasil, pengiriman unit Xpander ke konsumen terlambat.

“Kami melakukan usaha terbaik untuk mengakselerasi dan menyesuaikan permintaan dan ketersediaan, serta memastikan konsumen segera mendapatkan unit yang sudah dipesan,” kata Nakamura, baru-baru ini.

Berikut perkiraan harga mobil seluruh varian Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross dengan PPnBM 50 persen dan tanpa PPnBM:

- Xpander GLS M/T

Harga normal: Rp237,9 juta

Diskon PPnBM: Rp228 jutaan

Selisih: Rp9,2 jutaan

 

- Xpander Exceed M/T

Harga normal: Rp246,4 juta

Diskon PPnBM: Rp237 jutaan

Selisih: Rp9,3 jutaan

 

- Xpander GLS A/T

Harga normal: Rp248,9 juta

Diskon PPnBM: Rp239,3 jutaan

Selisih: Rp9,5 jutaan

 

- Xpander Exceed A/T

Harga normal: Rp257 juta

Diskon PPnBM: Rp247 jutaan

Selisih: Rp9,8 jutaan

 

- Xpander Sport M/T

Harga normal: Rp265 juta

Diskon PPnBM: Rp255 jutaan

Selisih: Rp9,9 jutaan

 

- Xpander Sport A/T

Harga normal: Rp275 juta

Diskon PPnBM: Rp264 jutaan

Selisih: Rp10,3 jutaan

 

- Xpander Ultimate A/T

Harga normal: Rp278,9 juta

Diskon PPnBM: Rp268 jutaan

Selisih: Rp10,7 jutaan

 

- Xpander Cross M/T

Harga normal: Rp276,5 juta

Diskon PPnBM: Rp265 jutaan

Selisih: Rp10,9 jutaan

 

- Xpander Cross A/T

Harga normal: Rp286,5 juta

Diskon PPnBM: Rp275 jutaan

Selisih: Rp11 jutaan

- Xpander Cross Premium Package

Harga normal: Rp299,5 juta

Diskon PPnBM: Rp288 jutaan

Selisih: Rp11,3 jutaan

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PPnBM Mitsubishi Xpander
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top