Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hindari Kebiasaan Ini, Bisa Bikin Mesin Avanza Matic Jebol

Toyota Avanza bertransmisi otomatis atau matic adalah satu varian mobil keluarga yang paling diminati di Indonesia. Namun ada beberapa hal sederhana, tetapi penting untuk menjaga kondisi LPMV tersebut.
Ilustrasi kabin pengemudi Toyota Avanza transmisi otomatis atau matic. /Auto2000
Ilustrasi kabin pengemudi Toyota Avanza transmisi otomatis atau matic. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA — Meskipun penjualannya sempat tersalip oleh Honda Brio, Toyota Avanza tetap menjadi satu favorit mobil keluarga Indonesia. Salah satu tipe yang diminati adalah varian dengan trasmisi otomatis atau matic. 

Seperti diketahui, satu keunggulan mobil matic adalah pengoperasian yang mudah. Tidak seperti mobil bertransmisi manual, hanya ada dua pedal di kabin pengemudi, yakni gas dan rem. Hal ini memudahkan pengendara saat kondisi jalanan yang macet. 

Namun tahukah Anda ada beberapa hal yang sebenarnya cukup sederhana tetapi penting untuk diketahui pemiliki Toyota Avanza matic? 

Mengutip laman Auto2000, Senin (31/5/2021), berikut tiga hal tersebut:

1. Pahami dan kenali karakter mobil

Poin pertama ini sebenarnya bukan hanya berlaku ketika baru memiliki unit Avanza bertransmisi matic terbaru, tapi juga pada mobil lama. Mulai dari karakter performa maupun akselerasinya, fitur berkendaranya hingga letak posisi tutup bensinnya perlu Anda ketahui.

Hal ini penting agar Anda tidak kaget dan kebingungan saat mengemudi. Mengenali karakter mobil matic akan sangat berguna dalam berkendara. Minimal Anda paham batasan untuk melaju dan pengendaliannya saat mengemudi.

Manuver engine brake pada mobil Avanza matic agak berbeda dengan tipe transmisi manual. Hal inilah yang perlu Anda pelajari dan kenali agar berkendara jadi lebih aman serta mesin terjaga kondisinya.

2. Hindari kick down

Avanza bertransmisi matic bisa dibilang tidak bisa menyamai karakter akselerasi awal mobil bertransmisi manual. Namun pengemudi bisa melakukan kick down untuk mendapatkan akselerasi dan output torsi spontan.

Namun yang perlu Anda ingat, kick down atau menekan pedal gas secara penuh dengan tiba-tiba tentu tidak disarankan. Jika memang sangat diperlukan maka sebaiknya jangan dilakukan berulang-ulang.

Dampak dari kick down sendiri pada Avanza matic di antaranya adalah konsumsi bahan bakar yang lebih boros dan permukaan ban cepat habis. Dalam kondisi terburuk, keseringan kick down bisa membuat mesin jebol.

3. Kaki kiri rileks

Sebagai mobil matic, tentu pedalnya hanya ada dua yakni untuk gas (throttle) dan rem. Kedua pedal tersebut wajib dioperasikan oleh satu kaki saja, yakni kaki kanan. 

Anda bisa mengistirahatkan kaki kiri. Posisikan kaki kiri senyaman mungkin pada saat mengemudi Avanza matic. Dengan demikian pengalaman mengemudi Anda jadi kian menyenangkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper