Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Otomotif: Merawat Bodi Mobil Tanpa ke Bengkel

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan kecerahan bagian bodi kendaraan agar kembali seperti mobil baru ketika digunakan dalam aktifitas sehari-hari.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  14:27 WIB
Ilustrasi perawatan bodi mobil di bengkel.  - Auto2000
Ilustrasi perawatan bodi mobil di bengkel. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah melakukan perjalan jauh dengan kendaraan kesayangan, ada baiknya perhatikan eksterior atau bodi mobil. Terkadang, debu hingga jamur menempel dan membuat warna mobil menjadi kusam. 

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan kecerahan bagian bodi kendaraan agar kembali seperti mobil baru ketika digunakan dalam aktifitas sehari-hari.

"Usai libur Lebaran, AutoFamily bisa membersihkan dan merawat body mobil agar kembali resik dan apik untuk dipakai kembali beraktivitas," ungkap Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara yang dikutip dari laman resminya Senin (31/5/2021).

1. Cuci Bagian Luar Mobil Hingga Bersih

Pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di bodi atau kaca mobil, termasuk kolong mobil mengingat saat ini sering kali hujan dan kotoran menempel di kolong mobil. Periksa bagian yang bisa menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.

2. Hilangkan Noda yang Membandel

Periksa mobil dari risiko terkena noda atau jelaga akibat polusi udara, aspal, dan serangga. Gunakan cairan khusus pembersih serangga dan noda, jangan dicungkil karena bisa membuat bodi mobil baret. Untuk kaca, bisa memanfaatkan glass cleaner agar tidak menyebabkan kabut. Cairan ini juga melapisi kaca sehingga air hujan bisa langsung turun seperti air di daun talas.

3. Bersihkan Kabin Mobil, Bagasi, dan Ruang Mesin

Keluarkan seluruh karpet mobil dan bersihkan dengan siraman air bersih dan sabun pembersih. Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan kotoran di dalam kabin seperti kolong jok dan dasbor, rongga penyimpanan, dan celah di jok yang punya potensi menyimpan kotoran seperti remahan makanan, termasuk area bagasi. Hindarkan menyemprot ruang mesin dengan air bertekanan, terutama bagian yang terkait dengan kelistrikan dan cukup gunakan lap basah untuk mengangkat kotoran.

4. Poles Bodi Mobil

Poles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya resik dan berkilau kembali. Selain itu, di tahap akhir pemolesan biasanya dilakukan waxing guna memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung untuk menahan paparan sinar matahari. 

5. Periksa Kondisi Bodi Mobil

Kondisi bodi mobil yang bersih tanpa noda membuat AutoFamily bisa melakukan pemeriksaan kondisi bodi mobil dengan mudah dan nyaman. Tandai jika ada panel bodi yang baret atau penyok dan segera bawa ke bengkel Bodi dan Cat untuk dilakukan perbaikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil tips otomotif
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top