Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naik Mobil Jauh Bawa Bayi, Coba Tips Ini

Perjalanan jauh menggunakan mobil bersama bayi bisa jadi suatu hal yang menantang, tetapi bukan hal yang mustahil dilakukan. Coba ikuti beberapa tips ini agar bayi tetap tenang dan aman di dalam mobil.
Bayi. /Antara-Shutterstock
Bayi. /Antara-Shutterstock

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda yang baru saja punya momongan, mengajak si kecil untuk berkendara pastinya sering menimbulkan kekhawatiran, apalagi ketika sedang melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Dikutip dari laman Daihatsu, Jumat (21/5/2021), Saat berjalan jauh dengan mobil, sebaiknya bawa bayi yang berusia lebih dari enam bulan. Sebab, struktur tulang dan ototnya sudah lebih kuat menopang kepala. Bila terjadi goncangan, bayi tetap aman dan nyaman di dalam mobil.

Selain itu, ada empat tips lainnya supaya perjalanan Anda dan buah hati tetap menyenangkan. Berikut ulasannya:

1. Gunakan Child Car Seat
Child car seat meminimalisir resiko kecelakaan pada bayi. Letakkan kursi bantu ini di bagian belakang pengemudi. Khusus bayi dengan berat di bawah 13 kilogram atau di bawah dua tahun, posisinya menghadap ke belakang.

Tujuan posisi terbalik ini agar kepala bayi terjaga oleh punggung car seat, sehingga tidak akan terempas ketika mobil berhenti mendadak. Sementara untuk bayi di atas tiga tahun, bisa pakai convertible car seat yang bisa diposisikan menghadap depan.

Selain karena masalah keselamatan, child car seat juga berguna membuat bayi duduk mandiri dan tidak mengganggu penumpang lain yang ada di dalam mobil.

2. Bawa Mainan
Ketika membawa anak berkendara jarak jauh, ada kalanya kebosanan terjadi. Pastikan kamu selalu membawa mainan kesenangannya. Di sisi lain, luangkan waktu untuk berinteraksi dengannya dan jangan sibuk sendiri dengan smartphone.

Anda juga bisa memutar musik kesukaannya dan bernyanyi bersama. Intinya, lakukan interaksi supaya si kecil tidak bosan, ya.

3. Rencanakan Perjalanan
Perjalanan bersama bayi perlu dipikirkan matang-matang. Mulai dari waktu keberangkatan, istirahat sampai rute yang dipilih. Waktu paling ideal adalah dua jam berkendara, kemudian istirahat. Terdengar membosankan memang kalau terlalu banyak berhenti, tapi ini demi kenyamanan dan keselamatan si kecil.

Terlalu lama duduk di car seat juga tidak baik. Saat istirahat, kamu bisa membawa bayi keluar dari mobil dan melakukan berbagai hal. Misal menyusui, memberi makan atau sekadar bermain. Ini juga bisa mengurangi tingkat kebosanannya sepanjang perjalanan.

4. Tetap Tenang
Semua hal sudah dilakukan, tapi bayi tetap saja menangis. Maka kamu harus tetap tenang dan berpikir positif. Tepikan mobil, ajak bayi keluar dari kabin untuk mendapat suasana baru. Gendong dengan posisi memeluk sambil dinyanyikan lagu kesukaannya.

Bila masih menangis, alihkan perhatiannya dengan mainan atau beri dia susu. Bagaimanapun juga orang tua pasti yang paling mengerti soal keinginan anaknya. Oleh karena itu, tetap tenang dan jangan khawatir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper