Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Membeli Mobil Setelah Lebaran Idulfitri

Biasanya, pembelian mobil dilakukan pada saat sebelum Lebaran, terutama untuk keperluan mudik bersama keluarga. Namun, karena pembatasan sosial, Anda termasuk baru akan membeli kendaraan bermotor setelah Lebaran.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 20 Mei 2021  |  09:49 WIB
Toyota Raize. Keberadaan promo seperti yang ditawarkan melalui Auto2000 Digiroom memberikan kemudahan pembelian mobil baru Toyota.  - Auto2000
Toyota Raize. Keberadaan promo seperti yang ditawarkan melalui Auto2000 Digiroom memberikan kemudahan pembelian mobil baru Toyota. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA - Biasanya, pembelian mobil dilakukan pada saat sebelum Lebaran, terutama untuk keperluan mudik bersama keluarga. Namun, karena pembatasan sosial, Anda termasuk baru akan membeli kendaraan bermotor setelah Lebaran.

Salah satu solusi kepemilikan kendaraan adalah dengan membeli secara kredit. Metode ini ditempuh supaya Anda dapat mengatur keuangan dengan baik mengingat adanya kebutuhan lain yang juga harus dipenuhi.

“Di masa pandemi Covid-19, AutoFamily tetap menbutuhkan kendaraan sebagai sarana mobilitas di mana pembelian secara kredit merupakan salah satu solusi paling mudah dan nyaman” jelas Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, Kamis (20/5/2021).

Berikut tips membeli kendaraan dari Auto2000. Ada tahapan dan persyaratan yang wajib dijalani sampai mobil baru Toyota masuk ke garasi rumah.

1. Pastikan Lolos BI Check

Sebagai pengawas transaksi keuangan nasional, Bank Indonesia (BI) memiliki sistem pendataan otomatis ketika seseorang menggunakan fasilitas kredit bank atau leasing. Anda harus memastikan bahwa tidak ada cicilan kredit personal yang bermasalah, terutama kartu kredit, sebab akan masuk blacklist BI dan tidak bisa mengajukan kredit apapun.

2. Ketahui Kebutuhan Kendaraan

Ketahui dengan jelas apa tujuan membeli dan jenis mobil yang dibutuhkan. Keluarga dengan dua orang anak sangat tepat jika memilih mobil keluarga ketimbang sedan, kecuali mobil pertama sudah MPV dan butuh mobil kedua untuk kebutuhan lainnya.

3. Perhitungkan Kondisi Keuangan

Angsuran semua kredit pribadi hanya boleh sekitar 30 persen dari total penghasilan perbulan yang tertera di slip gaji. Pastikan memiliki dana yang mencukupi untuk membayar uang muka (down payment/DP) kredit mobil, yakni sekitar 20-30 persen dari total harga mobil karena besarnya DP akan menentukan jumlah cicilan perbulan. Supaya DP lebih ringan, metode trade-in atau tukar tambah bisa diperhitungkan dan Auto2000 dapat membantu prosesnya tanpa dikenakan biaya.

4. Lakukan Simulasi Kredit

Simulasi kredit diperlukan agar Anda memiliki gambaran sederhana untuk melihat kemampuan keuangan dalam membayar uang muka dan cicilan kredit mobil kelak. Auto2000 Digiroom menyediakan fitur simulasi kredit di setiap pilihan model mobil yang dapat dipakai untuk memperkirakan besaran DP dan angsuran yang akan dibayarkan.

5. Manfaatkan Promo Sales

Keberadaan promo seperti yang ditawarkan melalui Auto2000 Digiroom memberikan kemudahan pembelian mobil baru Toyota. Salah satunya adalah Promo Semarak Lebaran PPNBM berupa diskon pajak PPnBM 100 persen yang berlaku hingga akhir Mei 2021 untuk Avanza, Rush, Vios, dan Sienta. Sementara untuk Innova dan Fortuner, diskon pajak PPnBM 50 persen berlaku hingga akhir Agustus 2021. Itupun masih ditambah keuntungan lain berupa 1 unit UV-C Disinfection Desk Lamp dan uang elektronik senilai Rp 500 ribu untuk pembelian secara kredit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

toyota rush Auto2000
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top