Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Langkah Melacak Keberadaan Mobil dengan Google Maps

Anda juga bisa mengecek riwayat perjalanan mobil. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui durasi perjalanan, jarak tempuh, hingga lokasi yang telah dilewati.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 14 Mei 2021  |  17:08 WIB
Pembaruan Google Maps - istimewa
Pembaruan Google Maps - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Selain berfungsi memberi arah jalan saat berkendara, fitur Google Maps ternyata juga mampu melacak posisi mobil. Cara mengaplikasikannya juga tidak terlampau sulit.

Dilansir dari Auto2000, Anda cukup memiliki gawai pintar yang mendukung fitur Google Maps dan memasang perangkat Global Positioning System (GPS) di mobil. Untuk melacak posisi mobil secara langsung, dibutuhkan pula jaringan internet yang stabil.

Apabila semua alat telah tersedia, berikut langkah-langkah melacak mobil dengan Google Maps:

1. Unduh aplikasi Google Maps

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan memasang aplikasi Google Maps. Pada gadget berbasis Android, biasanya aplikasi ini sudah menjadi bawaan. Namun, jika belum, Anda bisa mengunduhnya melalui Play Store. Sementara untuk perangkat Apple, aplikasi Google Maps bisa diunduh di App Store.

2. Sambungkan perangkat GPS dengan smartphone

Cara selanjutnya adalah melakukan registrasi. Masukan username serta password. Bagi yang memiliki akun Gmail, biasanya Google Maps akan otomatis mendeteksi akun Anda. Setelah masuk ke aplikasi, sambungkan perangkat GPS pada mobil dengan Google Maps.

Langkah berikutnya, aktifkan mode pencari agar Google Maps dapat mendeteksi perangkat Anda. Jika sudah, tambahkan perangkat GPS dan pilih jenis mobil pada akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberi nama pada perangkat GPS agar lebih mudah dikenali.

3. Share lokasi kendaraan

Apabila sambungan sukses, maka Anda akan langsung mendapatkan notifikasi dan posisi mobil akan ditampilkan oleh sistem. Saat membuka Google Maps di smartphone, Anda akan menemukan titik yang menandakan posisi mobil.

Untuk memudahkan cara melacak mobil dengan Google Maps, Anda bisa mengatur tampilan Google Maps. Pada tampilan default, biasanya posisi mobil akan diperlihatkan dalam format 2D. Namun, Anda juga bisa mengubahnya menjadi peta satelit yang lebih detail.

Untuk melacak posisi mobil, Anda bisa klik ikon lingkaran kecil berwarna biru di sebelah kanan. Dengan mengetuk ikon ini, posisi perangkat GPS bisa segera diketahui. Selanjutnya, bagikan lokasi perangkat GPS bisa dilakukan secara otomatis karena perangkat GPS dan smartphone Anda telah terdaftar dalam sistem Google Maps.

4. Mengatur detail pelacakan

Langkah berikutnya dalam cara melacak mobil dengan Google Maps adalah mengatur detail lain, seperti durasi waktu share lokasi. Pengaturan ini akan membantu Anda untuk menentukan berapa lama durasi share lokasi secara real time.

Perlu diingat, sebelum menggunakan fitur ini, pastikan GPS atau location pada smartphone Anda telah aktif agar Google Maps dapat bekerja.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek riwayat perjalanan mobil. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui durasi perjalanan, jarak tempuh, hingga lokasi yang telah dilewati. Biasanya, fitur ini akan otomatis muncul pada notifikasi smartphone setelah Anda selesai melakukan perjalanan. Namun, pastikan juga koneksi internet Anda aktif selama perjalanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil google maps
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top