Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Langkah Melacak Keberadaan Mobil dengan Google Maps

Anda juga bisa mengecek riwayat perjalanan mobil. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui durasi perjalanan, jarak tempuh, hingga lokasi yang telah dilewati.
Pembaruan Google Maps/istimewa
Pembaruan Google Maps/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Selain berfungsi memberi arah jalan saat berkendara, fitur Google Maps ternyata juga mampu melacak posisi mobil. Cara mengaplikasikannya juga tidak terlampau sulit.

Dilansir dari Auto2000, Anda cukup memiliki gawai pintar yang mendukung fitur Google Maps dan memasang perangkat Global Positioning System (GPS) di mobil. Untuk melacak posisi mobil secara langsung, dibutuhkan pula jaringan internet yang stabil.

Apabila semua alat telah tersedia, berikut langkah-langkah melacak mobil dengan Google Maps:

1. Unduh aplikasi Google Maps

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan memasang aplikasi Google Maps. Pada gadget berbasis Android, biasanya aplikasi ini sudah menjadi bawaan. Namun, jika belum, Anda bisa mengunduhnya melalui Play Store. Sementara untuk perangkat Apple, aplikasi Google Maps bisa diunduh di App Store.

2. Sambungkan perangkat GPS dengan smartphone

Cara selanjutnya adalah melakukan registrasi. Masukan username serta password. Bagi yang memiliki akun Gmail, biasanya Google Maps akan otomatis mendeteksi akun Anda. Setelah masuk ke aplikasi, sambungkan perangkat GPS pada mobil dengan Google Maps.

Langkah berikutnya, aktifkan mode pencari agar Google Maps dapat mendeteksi perangkat Anda. Jika sudah, tambahkan perangkat GPS dan pilih jenis mobil pada akun Anda. Selain itu, Anda juga bisa memberi nama pada perangkat GPS agar lebih mudah dikenali.

3. Share lokasi kendaraan

Apabila sambungan sukses, maka Anda akan langsung mendapatkan notifikasi dan posisi mobil akan ditampilkan oleh sistem. Saat membuka Google Maps di smartphone, Anda akan menemukan titik yang menandakan posisi mobil.

Untuk memudahkan cara melacak mobil dengan Google Maps, Anda bisa mengatur tampilan Google Maps. Pada tampilan default, biasanya posisi mobil akan diperlihatkan dalam format 2D. Namun, Anda juga bisa mengubahnya menjadi peta satelit yang lebih detail.

Untuk melacak posisi mobil, Anda bisa klik ikon lingkaran kecil berwarna biru di sebelah kanan. Dengan mengetuk ikon ini, posisi perangkat GPS bisa segera diketahui. Selanjutnya, bagikan lokasi perangkat GPS bisa dilakukan secara otomatis karena perangkat GPS dan smartphone Anda telah terdaftar dalam sistem Google Maps.

4. Mengatur detail pelacakan

Langkah berikutnya dalam cara melacak mobil dengan Google Maps adalah mengatur detail lain, seperti durasi waktu share lokasi. Pengaturan ini akan membantu Anda untuk menentukan berapa lama durasi share lokasi secara real time.

Perlu diingat, sebelum menggunakan fitur ini, pastikan GPS atau location pada smartphone Anda telah aktif agar Google Maps dapat bekerja.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek riwayat perjalanan mobil. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui durasi perjalanan, jarak tempuh, hingga lokasi yang telah dilewati. Biasanya, fitur ini akan otomatis muncul pada notifikasi smartphone setelah Anda selesai melakukan perjalanan. Namun, pastikan juga koneksi internet Anda aktif selama perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper