Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Merawat Mobil di Rumah saat Libur Lebaran 2021

Berikut tips perawatan mobil selama libur Lebaran 2021.
Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda dapat memanfaatkan momen libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak. /Auto2000
Selagi tidak ada kegiatan rutin, Anda dapat memanfaatkan momen libur Lebaran untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak. /Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA — Seperti diketahui bersama, tahun ini pemerintah kembali melarang mudik Lebaran, sehingga hal ini bisa menjadi momentum untuk mengistirahatkan mobil sekaligus melakukan perawatan.

Ada bebarapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga mobil dalam kondisi baik saat sedang jarang digunakan. 

“Momen libur Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan dan merawat mobil kesayangan agar kembali prima," kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Berikut tips perawatan mobil selama libur Lebaran 2021 dari Auto2000:

1. Perhatikan Lokasi Parkir
Tips merawat mobil dari Auto2000, dealer mobil Toyota terbesar, dimulai dari memperhatikan lokasi parkir mobil. Mobil sebaiknya terhindar dari paparan panas sinar matahari dan air hujan langsung yang bisa membuat cat mobil cepat kotor, kusam, dan memudar jika diparkir di dalam garasi atau carport.

Manfaatkan car cover atau selimut mobil andai carport tidak ada atap. Car cover dapat dipesan via Auto2000 Digiroom yang menyediakan car cover eksklusif.

2. Cuci Mobil Hingga Bersih
Meski ditinggal di dalam rumah, mobil tetap bisa kotor oleh debu atau air hujan sehingga harus dibersihkan. Bagian dalam juga harus dibersihkan mengingat sering dipakai beraktivitas dan mencegah masuknya binatang liar.

3. Keluarkan Barang Pribadi
Keluarkan barang pribadi dari dalam mobil, seperti kartu e-tol, kacamata, pemantik api, power bank, sepatu, dan barang berharga lainnya. Tips merawat mobil ini untuk menghindari risiko tidak terduga seperti kemalingan atau kebakaran.

4. Tambah Tekanan Angin Ban
Sebaiknya mengisi tekanan angin seluruh ban mobil sedikit lebih tinggi dari rekomendasi pabrikan sekitar 5 PSI. Tekanan angin ban mobil yang berdiam di rumah akan lebih cepat berkurang.

5. Hindari Rem Parkir dan Isi Penuh Tangki Bensin
Tips merawat mobil ni untuk menghindari kasus kampas rem menempel kuat di dalam teromol rem karena mobil diparkir terlalu lama di masa libur lebaran.

Lepaskan rem parkir dan gunakan wheel chock khusus untuk pengganjal ban mobil.

Tanki bahan bakar mobil yang ditinggal dalam jangka waktu lama tidak bisa dibiarkan kosong karena akan mengakibatkan oksidasi dan memunculkan karat.

6. Panaskan dan Jalankan Mobil
Mesin mobil harus dipanaskan seminggu dua kali selama 10 menit untuk mengisi arus aki dan oli mesin bersirkulasi. Tips merawat mobil yang direkomendasikan adalah kendarai mobil keliling lingkungan rumah agar ban berputar dan terhindar dari kerusakan akibat hanya bertumpu di satu titik.

7. Waspada Kebocoran
Lakukan pemeriksaan secara berkala ke seluruh bagian mobil, seperti ruang mesin, kabin, hingga bagian kolong untuk memastikan tidak ada kebocoran.

8. Perbaiki Bodi dan Rawat Kabin Mobil
Selagi tidak ada kegiatan rutin selama libur Lebaran 2021, pemilik mobil dapat memperbaiki bodi kendaraan yang rusak. Tips merawat mobil dalam kasus ini adalah membawanya ke bengkel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper