Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ADM Produksi 34.300 Unit Raize-Rocky Tahun Ini, 25 Persen Diekspor

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang merupakan kolaborasi Daihatsu, Toyota, dan Astra ini akan diluncurkan pada 30 April 2021.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 28 April 2021  |  12:13 WIB
Seremoni Virtual Kolaborasi Toyota, Daihatsu, dan Astra bertajuk Sinergi Untuk Negeri yang dihadiri oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.  - PT Astra Daihatsu Motor
Seremoni Virtual Kolaborasi Toyota, Daihatsu, dan Astra bertajuk Sinergi Untuk Negeri yang dihadiri oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. - PT Astra Daihatsu Motor

Bisnis.com, JAKARTA — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor kembali berkolaborasi meluncurkan produk yang menggunakan platform serupa, yakni Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang yang hadir dalam seremonial peluncuran kolaborasi Astra, Daihatsu, dan Toyota. Dia mengatakan bahwa ADM selaku produsen kedua kendaraan tersebut akan produksi 34.300 unit tahun ini. 

"Di mana 8.800 unit di antaranya didedikasikan untuk pasar ekspor," katanya seperti ditayangkan Youtube Toyota Indonesia, Rabu (28/4/2021).

Agus juga meyampaikan harapan agar ADM dapat meningkatkan kandungan lokal kedua kendaraan. "Sebagai peserta relaksasi ppnbm saya harap ADM sebagai produsen kedua model kendaraan tersebut berkomitmen untuk meningkatkan lokal komponen lebih dari 70% termasuk engine, bodi, sasis, dan transmision," katanya. 

Menurut Agus, kehadiran Rocky dan Raize akan memperkuat posisi Indonesia sebagai basis produksi sehingga memperbesar peluang ekspor dengan negara yang memiliki perjanjian FTA. Selain itu hal ini akan bermanfaat untuk mengembangkan pemasok lokal, termasuk industri kecil dan menengah dalam rantai pasokan bisnis Toyota dan Daihatsu. 

"Kami berharap ini akan memberikan dampak positif sekaligus dukung perekonomian indonesia secara keseluruhan," kata Agus. 

Adapun Raize-Rocky bukan kali pertama Toyota dan Daihatsu berbagi platform kendaraan. Sebelumnya kedua pabrikan telah mendominasi pasar otomotif Tanah Air dengan Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Toyota Rush-Daihatsu Terios. 

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnis, Rabu (28/4/2021), Raize akan hadir dalam tiga varian, yakni 1.200 cc G, 1.000 cc turbo G, dan 1.000 cc turbo GR. Setiap varian dilengkapi dengan transmisi otomatis dan manual. 

Di atas kertas, Raize memiliki dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, dan ground clearance 200 mm. Ukuran ini berada di antara Toyota Rush dan Suzuki Ignis. 

Dari segi performa mesin, Toyota mengklaim Raize 1.2 G mampu mengeluarkan daya 87 tenaga kuda pada putaran mesin 6.000 RPM. Pada varian 1.0T G dan 1.0T GR, Raize menyemburkan 98 tenaga kuda pada 6.000 RPM. Tenaga di atas kertas ini lebih kurang setara dengan Toyota Avanza.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor mobil toyota daihatsu
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top