Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemesanan Toyota GR Yaris Ditutup, Permintaan Luber

Lebih dari 470 pelanggan melakukan booking fee, padahal Indonesia hanya mendapatkan alokasi Toyota GR Yaris sebanyak 126 unit.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 April 2021  |  19:17 WIB
Toyota GR Yaris.  - Toyota
Toyota GR Yaris. - Toyota

Bisnis.com, JAKARTA – Pemesanan mobil Toyota GR Yaris yang dibuka sejak 25 Maret 2021, resmi ditutup hari ini, Jumat (23/4/2021).

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi menuturkan bahwa antusiasme pelanggan terhadap mobil bergaya reli itu sangat tinggi, sehingga total pemesan melebihi unit yang tersedia.

“Sejak resmi buka booking di bulan Maret, hari ini kami tutup pemesanannya. Lebih dari 470 pelanggan yang melakukan booking dan ini lebih tinggi dari alokasi suplai yang kami dapatkan,” ujar Anton dalam konferensi pers daring.

Toyota GR Yaris diproduksi dengan jumlah unit yang terbatas atau hanya 25.000 unit secara global. Dari jumlah itu, Indonesia mendapatkan alokasi sebanyak 126 unit.

“Terima kasih respons baik, tapi kami minta maaf karena alokasi suplai terbatas. Setelah ini kami siapkan persiapan launching dan pengiriman, jadi berikan kami waktu sampai unit bisa dikirim ke konsumen,” kata Anton.

Sampai saat ini GR Yaris diketahui masih menjalani proses homologasi. TAM berjanji akan mengumumkan jadwal resmi peluncurannya, ketika keseluruhan proses telah dilalui dan mendapatkan izin dari pemerintah.

Anton sebelumnya mengatakan bahwa model yang mengadopsi mobil reli Toyota di ajang World Rally Championship (WRC) ini dijual di rentang harga Rp750 juta hingga Rp800 juta. Peluncurannya diprediksi berlangsung pada paruh kedua tahun ini.

GR Yaris merupakan model yang dikembangkan Toyota Gazoo Racing World Rally Team. Dalam proses pengembangannya, GR Yaris memadukan kendaraan yang nyaman untuk digunakan sehari-hari dan kompetitif layaknya di ajang WRC.

Anton sempat mengungkapkan bahwa Toyota GR Yaris didesain mengikuti WRC, sehingga produksinya menggunakan spesifikasi mesin, transmisi, rem, dan suspensi yang mirip atau mendekati spek WRC.

Sebagai model hatchback, GR Yaris terhitung buas. Mobil ini mengemas tenaga tinggi dari mesin turbo intercooler tiga silinder segaris 1,6 liter. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 270 ps dengan torsi puncak 360 Nm.

Varian ini mengadopsi sistem 4WD sport “GR-Four” yang dikembangkan dengan sistem tenaga penggerak depan dan belakang. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 6-percepatan ‘iMT’.

Untuk mencapai kecepatan 100 km per jam, Yaris GR diklaim hanya memerlukan waktu 5,5 detik. Kemampuan itu tidak terlepas dari perpaduan tenaga tinggi dan bodi ringan hasil penggunaan aluminium untuk kap, pintu belakang, dan panel pintu.

Bagian atas dari GR Yaris juga dilengkapi panel atap plastik yang diperkuat serat karbon dan dibentuk menggunakan metode compound moulding.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil toyota
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top