Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Kode Error Sepeda Motor Honda, Dilihat dari Speedometer

Indikasi masalah pada sepeda motor Honda dapat diketahui melalui malfunction indicator lamp (MIL) yang terletak di speedometer.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 10 April 2021  |  08:38 WIB
Tampilan speedometer Honda Vario 150.  - PT Astra Honda Motor
Tampilan speedometer Honda Vario 150. - PT Astra Honda Motor

Bisnis.com, JAKARTA – Semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, untuk mendeteksi permasalahan yang terjadi pada sepeda motor. Hasil diagnosis itu akan disampaikan melalui malfunction indicator lamp (MIL) yang terletak di speedometer.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno mengatakan MIL merupakan teknologi terpadu dari PGM-FI untuk mempermudah konsumen maupun teknisi dalam mendiagnosa masalah, sehingga perbaikan yang dilakukan lebih efektif.

“Kehadiran MIL pada sepeda motor Honda bukan merupakan sesuatu yang baru. Kemudahan dalam mendeteksi permasalahan sepeda motor Honda pun dapat diketahui oleh konsumen secara mudah,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (9/4/2021).

Pada kondisi normal, ketika kunci kontak dalam posisi “On” maka MIL akan menyala sekitar 2 detik kemudian mati kembali dan motor siap dinyalakan. Selama kegagalan pada sistem PGM-FI belum diperbaiki, maka MIL akan terus berkedip.

“Jumlah kedipan pada MIL memiliki arti tersendiri untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI,” kaya Endro.

Berikut adalah indikator permasalahan motor berdasarkan kedipan motor:

- 1 Kedipan

Ini menunjukan potensi gangguan pada sistem sensor atau Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold. Bila tidak segera diatasi akan menimbulkan akselerasi kurang baik dan performa mesin tidak maksimal pada putaran atas.

- 7 Kedipan

Menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor temperatur mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature (ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibat dari hal ini dapat membuat mesin agak susah dihidupkan pada saat mesin kondisi dingin.

- 8 Kedipan

Hal tersebut menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor throttle position (TP), bila dibiarkan maka mesin akan mudah mati dan akselerasi pun tidak maksimal.

- 9 Kedipan

Menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor Intake air temperature (IAT). Akibat yang ditimbulkan performa mesin tidak maksimal, mudah mati, emisi gas buang yang dihasilkan pun tidak bagus.

- 11 Kedipan

Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor kecepatan sehingga indikator speedometer tidak berfungsi atau bila telah menggunakan fitur Idling Stop System (ISS) tidak akan berfungsi.

- 12 Kedipan

Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem injector sehingga sepeda motor tidak bisa dinyalakan.

- 21 Kedipan

Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada area sistem O2 sensor (oksigen sensor). Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi gas buang dan kondisi pembakaran mesin. Akibat yang ditimbulkan mesin sulit dihidupkan dan terdapat suara letupan pada knalpot

- 29 Kedipan

Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada area sistem Intake Air Control Valve (IACV) yang membuat putaran stasioner tidak stabil, mesin sulit dihidupkan dan boros bahan bakar.

- 33 Kedipan

Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem Engine Control Module (ECM) yang merupakan sumber dari seluruh pengaturan sistem PGM-FI. Akibatnya sepeda motor tidak dapat dihidupkan.

- 52 Kedipan

Hal ini menunjukan potensi gangguan pada area sistem sensor crankshaft position (CKP) sehingga sepeda motor tidak dapat dihidupkan.

- 54 Kedipan

Hal ini menunjukan kode potensi gangguan pada area sistem sensor bank angle. Sensor ini berfungsi untuk mematikan mesin ketika sepeda motor terjatuh atau mengalami kemiringan hingga 60 derajat dengan toleransi + 5 derajat, dalam waktu 5 detik.

Namun, sepeda motor tetap bisa dihidupkan kembali dengan mematikan kunci kontak terlebih dahulu kemudian dihidupkan kembali.

- 67 Kedipan

Hal ini menunjukan potensi gangguan pada sistem Honda Selectable Torque Control (HSTC) terkait putaran roda depan dan belakang yang dibaca oleh ECM. Sensor ini bekerja ketika sepeda motor dalam kondisi diam dengan standar tengah.

Kemudian dinyalakan dan tuas gas dibuka selama 20 detik, maka bila terdeteksi masalah, MIL pun akan berkedip. Kode ini hanya muncul pada sepeda motor yang memiliki sistem HSTC seperti Honda PCX 160 tipe ABS, X ADV dan Forza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor astra honda motor tips otomotif
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top