Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masih Dibayangi Efek Pandemi, ExxonMobil Lubricant Perkuat Jaringan Penjualan

PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) optimistis tahun ini industri pelumas dalam negeri dapat kembali bergeliat.
 ExxonMobil Lubricants Indonesia luncurkan pelumas untuk pikap, Rabu (16.5.2017)./Bisnis.com-Muhammad Khadafi
ExxonMobil Lubricants Indonesia luncurkan pelumas untuk pikap, Rabu (16.5.2017)./Bisnis.com-Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA – PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) dan PT Federal Karyatama (FKT) menyatakan, meski pandemi masih menekan industri dalam negeri, perusahaan akan memperkuat distribusi penjualan sebagai strategi kunci perusahaan.

Executive Chairman ExxonMobil Lubricants Indonesia Patrick Adhiatmadja berharap bahwa tahun ini industri pelumas dalam negeri dapat kembali bergeliat, seiring dengan optimisme pemerintah dalam mengembalikan daya beli dan kepercayaan diri konsumen.

“Program vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berjalan diharapkan juga mampu meningkatkan consumer confidence masyarakat dan secara tidak langsung akan menaikkan daya beli,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/4/2021).

Patrick mengatakan bahwa di tengah situasi pandemi Covid-19, seluruh industri dalam negeri dipastikan mengalami penurunan permintaan, tak terkecuali industri pelumas. Hal ini pun menjadi tantangan bagi para pemain industri.

“Untuk kami menjadi dilema karena ketika memproduksi pelumas lebih banyak, kami jadi menyimpan stok. Tentunya itu tidak kami inginkan. Namun, ketika kami memberhentikan produksi, saat pasar kembali bergeliat kami tidak bisa memenuhi pasar,” ujarnya.

Di tengah situasi pandemi, kedua merek pelumas Mobil dan Federal Oil ini akan terus memperkuat integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, seperti Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera.

Saat ini, EMLI dan FKT berkolaborasi dengan lebih dari 40 distributor nasional, dan bengkel independen yang telah menjangkau 16.000 bengkel independen.

“Strategi ini didukung oleh kolaborasi dua merek yang dipegang oleh Mobil Dan Federal Oil, dengan referensi aspek global dan pendekatan pasar lokal yang kuat,” pungkasnya.

Di sisi lain, perusahaan juga akan memperkuat lini bisnisnya ke dalam kategori kendaraan penumpang, sepeda motor, sektor transportasi, manufaktur, pertambangan, dan energi.

Patrick mengatakan tahun ini perusahaan turut berfokus pada beberapa program untuk meningkatkan layanan kepada konsumen. Salah satunya meluncurkan varian baru pelumas Mobil agar tetap kompetitif di industri pelumas dan otomotif.

Selain itu, EMLI dan FKT memiliki inovasi program yang dihadirkan bagi konsumen setia dan pengguna kendaraan roda empat, roda dua dan industri di Indonesia.

Di antaranya promosi konsumen berskala besar berbasis pendekatan digital, program berhadiah, kampanye menyambut lebaran, peluncuran produk baru rangkaian Mobil Super, bengkel rekanan Mobil, toko resmi Mobil di e-commerce, dan layanan Servis Di Rumah.

“Perusahaan juga akan terus melakukan edukasi, seminar dan pameran secara daring mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper