Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Mercedes-Benz Naik 11 Persen, Pasar Mobil Mewah Tahan Banting

Peningkatan penjualan Mercedes-Benz sepanjang 3 bulan pertama 2021 masih didominasi segmen sport utility vehicle (SUV) GLC.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 April 2021  |  15:41 WIB
Produksi Mercedes Benz Vito di Pabrik Vitoria, Spanyol. Mercedes Benz Vito juga dipasarkan di Indonesia, yakni Vito 2,1 l AT bermesin diesel.  - DAIMLER
Produksi Mercedes Benz Vito di Pabrik Vitoria, Spanyol. Mercedes Benz Vito juga dipasarkan di Indonesia, yakni Vito 2,1 l AT bermesin diesel. - DAIMLER

Bisnis.com, JAKARTA – Kendati pasar otomotif masih tertekan, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia mampu mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 11 persen pada kuartal I/2021 dibandingkan tahun lalu.

Deputy Director Sales Operations Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan 3 bulan pertama tahun ini perusahaan membukukan penjualan 603 unit, sedangkan periode yang sama tahun lalu hanya 543 unit.

“Ini merupakan indikasi positif di saat Indonesia masih berhadapan dengan pandemi Covid-19,” ujar Kariyanto dalam konferensi pers daring, Kamis (8/4/2021).

Pasar otomotif nasional sepanjang tahun ini diketahui masih tertekan. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan ritel pada Januari-Februari 2021 turun 57,4 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, penjualan wholesales nasional anjlok 56,8 persen, atau dari 160.079 unit pada Januari-Februari 2020 menjadi 102.111 pada tahun ini. Produksi roda empat dalam negeri juga minus 41,9 persen dibandingkan tahun lalu.

Kariyanto menambahkan peningkatan penjualan Mercedes-Benz sepanjang 3 bulan pertama 2021 masih didominasi segmen sport utility vehicle (SUV) GLC dan diikuti oleh model C-Class. Segmen SUV berkontribusi 52 persen dari total penjualan perusahaan.

Sepanjang tahun lalu, penjualan SUV Mercedes-Benz Indonesia juga muncul sebagai penopang penjualan. Kontribusi segmen ini bahkan melampaui sedan yang selama ini menjadi andalan Mercedes-Benz.

“Sebelumnya, selalu sedan yang mendominasi penjualan di atas 50 persen. Namun, tahun 2020, hampir separuh penjualan kami kontribusinya berasal dari segmen SUV,” ujarnya.

Kariyanto menyatakan capaian kuartal pertama tahun ini dapat menjadi indikator bahwa pasar mobil premium akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Semangat ini tidak terlepas dari adanya program vaksin yang dinilainya mampu membangkitkan kepercayaan diri konsumen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan mobil Mercedes Benz
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top