Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Santa Fe Anyar Rp569 Juta, Bisa Goyang Fortuner-Pajero?

New Santa Fe akan berhadapan langsung dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Kedua mobil SUV ini adalah penguasa di segmen mobil dengan ground clearance tinggi.
President Director PT Hyundai Motors Indonesia SungJong Ha (kiri) dan Chief Operating Officer HMID Makmur dalam Peluncuran New Hyundai Santa Fe. /PT Hyundai Mobil Indonesia
President Director PT Hyundai Motors Indonesia SungJong Ha (kiri) dan Chief Operating Officer HMID Makmur dalam Peluncuran New Hyundai Santa Fe. /PT Hyundai Mobil Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hyundai Motors Indonesia meluncurkan generasi terbaru dari SUV tiga baris, yakni New Santa Fe yang sepenuhnya didesain ulang baik dari sisi eksterior maupun interior.

“New Santa Fe adalah SUV 3-row ikonik persembahan dari Hyundai yang terus berevolusi secara global,” ujar SungJong Ha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), di sela-sela peluncuran virtual, Rabu (7/4/2021). 

Adapun New Santa Fe akan berhadapan langsung dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Kedua mobil SUV ini adalah penguasa di segmen mobil dengan ground clearance tinggi.

SungJong Ha menuturkan Hyundai melakukan pembaharuan melalui fitur-fitur kelas atas serta sisi tampilan estetika untuk menjawab kebutuhan dari pelanggan. Tidak hanya itu, sejumlah fitur juga ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan SUV keluarga tersebut. 

Santa Fe keluaran terbaru memperlihatkan grille berpola geometris yang khas, terintegrasi dari lampu depan. Terdapat pula lampu LED Daytime Running Lights (DRL) yang terletak memanjang dari bagian atas grille ke arah bagian bawah. 

Selain itu, ukuran lingkar roda yang lebih besar dari sebelumnya semakin menonjolkan karakter SUV yang kokoh. Hal ini kemudian dipertegas oleh ukuran pelek 18 inci. 

Dari sisi interior, terdapat sistem pencahayaan yang dapat diatur hingga 64 warna pilihan atau disebut fitur 64-color adjustable ambient mood, sehingga dapat memberikan suasana kabin yang berbeda-beda. 

Mobil ini juga memiliki digital instrument cluster berukuran 12.3 inci yang terbesar di kelasnya, pengaturan konfigurasi tempat duduk yang dapat diubah sesuai kebutuhan, serta dilengkapi oleh panoramic sunroof. 

Soal keamanan, Santa Fe dibekali berbagai sistem dan sensor yang terdiri dari teknologi yang dapat memberikan peringatan kepada penggunanya. Salah satunya adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yaitu sebuah sistem yang otomatis memberikan peringatan adanya potensi risiko tabrakan dari arah depan. 

Jika diperlukan, sistem tersebut secara otomatis mengaktifkan rem apabila menilai benturan akan terjadi dengan kendaraan dan juga pejalan kaki yang ada di area depan mobil. 

Selain itu terdapat juga Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang dapat mendeteksi serta memantau kendaraan yang datang dari arah belakang, serta membantu menghindari potensi benturan atau tabrakan dengan mengaktifkan rem  secara otomatis jika diperlukan. 

Mobil ini juga dilengkapi Blind-Spot View Monitor, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, Electric Child Lock, Safe Exit Assist, dan Rear Occupant Alert. Santa Fe baru juga dilengkapi 6 kantung udara atau airbags. 

Dari balik kap, New Santa Fe menawarkan 2 tipe powertrain, yaitu 2.5L MPi gasoline engine with 6-speed automatic transmission dan 2.2L CRDi turbodiesel engine with 8-speed automatic Dual Clutch Transmission (DCT). 

Performa mesin ini diklaim menawarkan efisiensi bahan bakar tinggi, yang ditunjang oleh pengurangan berat sasis dan mengoptimalkan struktur mobil secara keseluruhan. 

Adapun New Santa Fe tersedia dalam pilihan Typhoon Silver Metallic, Glacier White Metallic, Magnetic Gray Metallic, Phantom Black Pearl, dan Lagoon Blue Pearl. Sementara itu, untuk interior tersedia dalam warna Obsidian Black One-Tone dan Camel Two-Tone 

Chief Operating Officer HMID Makmur menyatakan bahwa Santa Fe merupakan tonggak penting di dalam sejarah perjalanan Hyundai baik secara global maupun di Indonesia.

“Dengan platform dan transmisi baru, teknologi terkini, serta performa yang lebih efisien dan lebih gesit dari sebelumnya,” tuturnya. 

Santa Fe generasi terbaru ini dijual dengan harga on the road Jakarta, mulai dari Rp569 juta hingga Rp729 juta.

Berikut adalah daftar harga New Santa Fe on the road Jakarta: 

- New Santa Fe G 2.5 6AT Style: Rp569 juta 

- New Santa Fe G 2.5 6AT Prime: Rp599 juta 

- New Santa Fe G 2.5 6AT Signature: Rp678 juta 

- New Santa Fe D 2.2 8DCT Style: Rp629 juta 

- New Santa Fe D 2.2 8DCT Prime: Rp659 juta 

- New Santa Fe D 2.2 8DCT Signature: Rp729 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper