Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dapat Insentif PPnBM, Cicilan Innova-Fortuner Bisa Rp2,4 Juta per Bulan?

Kementerian Keuangan menyatakan telah memperluas insentif PPnBM yang sebelumnya hanya berlaku untuk mobil berkapasitas maksimal 1.500 cc.
Toyota Innova. /TAM
Toyota Innova. /TAM

Bisnis.com, JAKARTA - Toyota Innova dan Fortuner dipastikan mengalami penurunan harga seiring dengan penerapan Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) untuk mobil berkapasitas 1.500 cc hingga 2.500 cc.

Kementerian Keuangan dalam keterangan resminya menyatakan telah memperluas insentif PPnBM yang sebelumnya hanya berlaku untuk mobil berkapasitas maksimal 1.500 cc, seperti Toyota Avanza, Honda Brio, dan lain-lain.

Saat ini, perluasan insentif tersebut diberikan kepada kendaraan berpenggerak 4x2 dan 4x4 yang diproduksi di dalam negeri dengan local purchase atau pembelian komponen lokal paling sedikit 60 persen.

Sri Mulyani menjelaskan kebijakan ini menggunakan skema PPnBM-DTP melalui penerbitan Peraturan Menteri Keuangan No. 31/PMK.010/2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

“Pemerintah berharap kebijakan stimulus ini mampu merangsang konsumsi masyarakat khususnya pada produk-produk unggulan industri kendaraan bermotor dalam negeri. Ini penting untuk terus mempercepat ritme pemulihan ekonomi nasional”, kata Sri Mulyani.

Dalam implementasinya, insentif ini terbagi dalam dua skema. Pertama, kendaraan 4x2 mendapatkan diskon PPnBM 50 persen untuk tahap I antara April-Agustus 2021 dan diskon sebesar 25 persen pada antara bulan September-Desember 2021.

Kedua, kendaraan 4x4 dapat diskon sebesar 25 persen bulan April-Agustus 2021 dan diskon sebesar 12,5 persen pada September hingga Desember 2021.

Chief Executive Auto2000 Martogi Siahaan menyebutkan bahwa model seperti Innova dan Fortuner bisa mendapatkan program cicilan ringan berupa angsuran mulai Rp 2,4 juta-an per bulan.

Namun, dengan catatan, angsuran itu bisa didapatkan jika sudah ditambah dengan berbagai promo lainnya dan konsumen melakukan pembelian melalui aplikasi.

“Seperti promo Pilih Mobil Semudah Cicilannya, di mana AutoFamily bisa membeli Toyota Agya, Calya, Avanza, Yaris, Sienta, Rush, Innova, dan Fortuner dengan cicilan ringan mulai dari Rp 2,4 jutaan,” ujar Martogi, beberapa waktu lalu.

Selain itu, para calon pelanggan juga bisa memenangkan lucky draw berupa 1 unit Toyota Voxy dan 200 iPhone Mini. Syarat dan ketentuan berlaku untuk promo tersebut.

Menurut Martogi, keputusan pemerintah untuk memperluas jangkauan diskon PPnBM hingga ke mobil kelas medium seperti Innova dan Fortuner, membuat calon pelanggan Toyota bisa mendapatkan pilihan model yang lebih luas sekaligus beragam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper