Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Biar Pelek Krom Tetap Kinclong, Ini Kuncinya!

Berikut tips menjaga tampilan pelek krom pada mobil.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  21:18 WIB
Biar Pelek Krom Tetap Kinclong, Ini Kuncinya!
Ilustrasi membersihkan pelek krom. - Hyundai
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pelek krom membutuhkan perawatan yang ekstra untuk menjaga tampilannya tetap mengilap. Namun sebenarnya, kuncinya hanya satu, jangan malas membersihkan. Apalagi saat ini Indonesia masih berada dalam musim hujan. 

Mengutip situs Hyundai Indonesia, Selasa (30/3/2021), berikut ini beberapa tips sederhana untuk merawat pelek mobil krom agar dapat mempertahankan kualitasnya lebih lama:

1. Bersihkan secepatnya pelek mobil yang terkena kotoran akibat hujan maupun genangan air.
Hujan maupun genangan air sering kali membawa kotoran-kotoran yang dapat menempel pada pelek mobil. Bersihkan menggunakan cairan sabun atau shampoo mobil agar dapat memaksimalkan proses pembersihan. Noda yang dibiarkan lama mongering akan sulit untuk dibersihkan dan berakibat timbulnya kusam, bahkan flek walaupun sudah dibersihkan berkali-kali. Namun, jangan juga dibersihkan ketika kondisi pelek masih panas setelah dipakai berjalan, karena akan merusak lapisan kromnya.

2. Hindari penggunaan minyak tanah, bensin, maupun sembarang pembersih lainnya.
Meskipun noda membandel sulit dibersihkan, tapi jangan sekali-sekali terbesit untuk menggunakan bensin atau minyak tanah untuk menghilangkan noda tersebut. Gunakanlah obat khusus untuk membersihkan lapisan krom (chrome polish) yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran.

3. Gunakan busa (spon) halus saat proses pencucian.
Spon yang halus akan membuat proses pencucian pelek mobil menjadi aman. Hindari penggunaan sikat serta alat pembersih dengan permukaan kasar lainnya agar terhindar dari goresan-goresan kecil.

4. Gunakan lap microfiber untuk mengeringkan.
Bukan hanya saat pencucian, tapi tahap pengeringan juga tidak kalah penting. Setelah dicuci bersih, langsung gunakan lap microfiber untuk mengeringkan, tidak perlu tunggu hingga mongering sendiri, karena akan meninggalkan bercak. Untuk noda oli yang menempel, bisa gunakan bubuk bedak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil tips otomotif Pelek
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top