Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaguar I-Pace Rilis di India, Harganya Dua Kali Tesla Model 3

Sementara itu sebesar 75 persen penjualan roda empat di India didominasi oleh mobil dengan harga di bawah US$10.000 atau Rp144,3 juta.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 Maret 2021  |  20:44 WIB
 Jaguar I-Pace All Electric.  - Jaguar
Jaguar I-Pace All Electric. - Jaguar

Bisnis.com, JAKARTA – Jaguar Land Rover meluncurkan sport utility vehicle (SUV) berbasis listrik, yakni I-Pace di India, Selasa (23/3/2021). Harga juga mobil ini dua kali lipat lebih mahal dari salah satu lini produk Tesla yang juga dijual di India. 

Dikutip dari Bloomberg, harga awal I-Pace adalah 10,6 juta rupee atau setara US$147.000 atau Rp2,12 miliar (kurs Rp14.430). Harga ini bahkan sebanding dengan banderol Tesla Model 3 setelah biaya ekspor yang mencapai US$68.000 atau Rp981,24 juta.

Bloomberg mencatat bahwa dengan harga jual setinggi itu, sulit bagi I-Pace melakukan penetrasi di pasar India. Pasalnya, sebesar 75 persen penjualan roda empat di India didominasi oleh mobil dengan harga di bawah US$10.000 atau Rp144,3 juta.

Presiden Jaguar Land Rover India, Rohit Suri, berharap kehadiran I-Pace di pasar India mampu mengganggu dominasi Tesla. Ini seolah menjadi pembalasan Jaguar yang sejauh ini gagal mengurangi pangsa mobil Tesla di negara lain, termasuk Amerika Serikat. 

Namun, Suri meyakini permintaan mobil listrik Jaguar di India akan meningkat seiring dengan tingginya kesadaran masyarakat tentang polusi, dan ditambah kebijakan pemerintah India, yang masif mendorong produsen mobil untuk merilis kendaraan listriknya. 

“Pasar India sedang bersiap menghadapi prospek kendaraan listrik. Electric vehicle [EV] adalah alternatif yang bagus untuk peralihan dari kendaraan konvensional,” ujarnya. 

Jaguar I-Pace tersedia dalam tiga varian, yakni S, SE, dan HSE sebagai varian tertinggi. Sebagai standar, I-Pace disematkan pelek 19 inci, lampu depan dan belakang LED, beratap kaca, sistem infotainment layar sentuh ganda yang menjalankan Pivi Pro. 

Selain itu, mobil ini terintegrasi dengan Apple Carplay, Android Auto, serta teknologi mobil terhubung bernama “InControl” dan banyak lagi fitur lainnya. 

Untuk varian I-Pace HSE, mobil ini dilengkapi dengan lampu depan LED 'Matrix' adaptif, pelepasan boot hands-free, cruise control adaptif, head-up display, jok sport kulit Windsor, 16-speaker, 825W Meridian. sound system, dan banyak lagi. 

Pelanggan juga dapat memilih tambahan opsional, termasuk suspensi udara adaptif, kontrol iklim empat zona, pembersih udara pengion dengan filtrasi PM2.5, dan kaca spion digital, dan banyak lagi, ke I-Pace mereka.

Bicara soal performa, I-Pace memiliki dua motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 400 hp dan torsi 696 Nm. Jaguar mengklaim SUV listrik 2,2 ton itu dapat melakukan sprint 0-100 km per jam dalam 4,8 detik, dan terus mencapai kecepatan tertinggi 200 km per jam.

Jaguar telah melengkapi I-Pace all-electric dengan baterai 90 kWh. Baterai ini mampu memberikan kisaran nilai WLTP 470 km dengan sekali pengisian. 

Dengan pengisi daya rumah 11kW, baterai I-Pace membutuhkan waktu 12,9 jam untuk mengisi daya hingga penuh meskipun pengisi daya 50 kW dikatakan mampu memberikan jangkauan hingga 270 km per jam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik otomotif jaguar
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top