Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah Airbag pada Mercedes-Benz, Awalnya Cuma Fitur Opsional

Airbag merupakan hasil kolaborasi dari Daimler-Benz AG dan Bosch. Lebih dari 100 unit S-Class kemudian dilengkapi dengan sistem keselamatan terbaru dan diluncurkan pada bulan Januari dan Februari 1981.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 19 Maret 2021  |  11:42 WIB
Sejarah Airbag pada Mercedes-Benz, Awalnya Cuma Fitur Opsional
Sebelum 1992, airbag dan pengencan sabuk pengaman adalah fitur opsional pada mobil Mercedes-Benz. -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sekitar 40 tahun lalu atau tepatnya pada Desember 1980, Mercedes-Benz resmi menelurkan inovasi di bidang keselamatan berkendara dengan menyematkan kantong udara pengaman atau airbag dan pengencang sabuk pengaman ke lini produknya.

Inovasi tersebut pertama kali diterapkan pada sedan luxury S-Class seri model 126 dalam jumlah terbatas. Mobil ini pun menjadi milestone di bidang keselamatan pasif dalam serangkaian inovasi Mercedes-Benz.  

Airbag merupakan hasil kolaborasi dari Daimler-Benz AG dan Bosch. Lebih dari 100 unit S-Class kemudian dilengkapi dengan sistem keselamatan terbaru dan diluncurkan pada bulan Januari dan Februari 1981.

“Hal ini mengantarkan kesuksesan sistem pengaman [restraint system] yang selanjutnya diadopsi dengan cepat oleh banyak pabrikan otomotif di seluruh dunia,” tulis keterangan resmi Mercedes-Benz, Jumat (19/3/2021).

Sistem pengaman pertama kali diperkenalkan di Amsterdam International Motor Show pada 5 – 15 Februari 1981. Sebulan kemudian, Mercedes-Benz mempresentasikan airbag pengemudi dan pengencang sabuk pengaman kepada publik di Geneva Motor Show.

Kombinasi dari kedua sistem tersebut pada awalnya hanya tersedia untuk S-Class dan SEC Coupés sebagai fitur opsi dengan biaya sebesar 1,525.50 deutsche mark, mata uang resmi Jerman kala itu. Dua teknologi tersebut kemudian tersedia pada 1982 sebagai fitur tambahan opsional untuk semua mobil penumpang Mercy.

Sepuluh tahun kemudian atau 1992, airbag pengemudi merupakan perlengkapan standar di semua model. Sementara itu, airbag penumpang depan menjadi standar fitur keselamatan pada 1994.

Banyak varian airbag lain mengikuti pada tahun-tahun berikutnya. Bantalan pelindung yang menggembung, yang dipasang di berbagai posisi di kendaraan ini, telah lama menjadi bagian yang tak terpisahkan dari konsep keselamatan integral Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz juga memiliki inovasi lain untuk sabuk pengaman. Pada akhir tahun 1980-an, perusahaan meluncurkan airbag pengemudi bersama dengan sistem pengaman untuk penumpang depan, yang pada saat itu dikenal sebagai "pengencang sabuk".

Pada 1984, pengencang sabuk pengaman, sebutan yang sekarang lebih dikenal dengan fitur keselamatan ini, sudah menjadi perlengkapan standar untuk kursi depan semua mobil penumpang Mercedes-Benz. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil airbag Mercedes Benz
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top