Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Recall Toyota Avanza hingga Alphard, Begini Gejala Kerusakannya

Sebelum terjadi kerusakan, fuel pump akan mengalami gejala bermasalah, yakni mengeluarkan suara berisik yang tidak normal.
Toyota Rush tahun produksi 2017-2019 masuk dalam daftar recall Toyota di Indonesia karena masalah pompa bahan bakar. /Toyota
Toyota Rush tahun produksi 2017-2019 masuk dalam daftar recall Toyota di Indonesia karena masalah pompa bahan bakar. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motor menarik kembali (recall) sejumlah produk terkait masalah pompa bensin (fuel pump). Toyota Avanza dan Toyota Rush masuk dalam daftar recall terbaru yang dirilis TAM, 18 Maret 2021. Ini adalah lanjutan dari recall serupa yang dilakukan tahun sebelumnya. 

Tahun lalu, TAM telah melakukan aktivitas recall terkait masalah komponen pompa bahan bakar pada kendaraan pada Juli 2020 lalu. Pada saat itu, Alphard produksi tahun 2017—2018, Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013—2014, dan Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017—2019 masuk dalam daftar. 

Berdasarkan hasil pengecekan, Toyota memperluas cakupan model-model yang masuk ke dalam aktivitas tersebut, yaitu Alphard tahun produksi 2017-2019, C-HR tahun produksi 2018-2019, Corolla tahun produksi 2019, Camry tahun produksi 2019, Voxy tahun produksi 2018-2019, Kijang Innova tahun produksi 2018-2019, Fortuner tahun produksi 2018-2019, Hilux tahun produksi 2019, Toyota Avanza tahun produksi 2017-2019, dan Rush tahun produksi 2017-2019. 

Nah, sebenarnya seperti apa sih gejala fuel pump bermasalah?

PR Department Head PT TAM Dimas Ibrahim Aksa, kepada Tempo, menjelaskan bahwa kerusakan pada fuel pump membuat Electronic Computer Unit (ECU) akan membaca tekanan fuel pump tidak maksimal sehingga menyebabkan lampu indikator mesin (engine light) di meter cluster akan menyala.

“Jika hal ini terjadi, kemungkinannya mesin tiba-tiba mati karena pasokan bensin terhenti, atau saat dalam kondisi mesin mati akan sulit dihidupkan kembali,” kata Dimas, Kamis, (18/3/2021).

Dimas menjelaskan bahwa sebelum terjadi kerusakan, fuel pump akan mengalami gejala bermasalah. Gelaja itu biasanya fuel pump mengeluarkan suara berisik yang tidak normal.

Menurut Dimas, proses pengecekan dan penggantian fuel pump disebut tak memakan waktu lama, hanya berlangsung sekitar dua jam hingga maksimal empat jam. Biaya pergantian atau servis ini gratis.

Toyota juga mengklaim telah mengirimkan pemberitahuan melalui surat resmi kepada konsumen pemilik Avanza dan Rush. Seluruh jaringan dealer Toyota juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan bisa segera melakukan penggantian pompa bahan bakar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper