Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belum Rilis, Daihatsu Rocky Kok Dapat Insentif PPnBM?

Dengan masuknya Rocky sebagai daftar penerima insentif PPnBM, rumor mengenai kehadiran model ini pun semakin menguat.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  12:12 WIB
Daihatsu Rocky, yang rilis pada November 2019, telah menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).  - DAIHATSU
Daihatsu Rocky, yang rilis pada November 2019, telah menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture). - DAIHATSU

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah telah mengeluarkan daftar penerima program relaksasi pajak pada 26 Februari 2021, untuk diimplementasikan mulai 1 Maret sampai dengan 31 Desember 2021. 

Menariknya, dalam daftar penerima program tersebut, terselip nama Daihatsu Rocky, yang sejauh ini belum dirilis di pasar Indonesia. Dengan masuknya Rocky sebagai daftar penerima insentif PPnBM, rumor mengenai kehadiran model ini pun semakin menguat.

Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, , mengatakan pemerintah mengumumkan daftar penerima relaksasi pajak ini hanya sekali dan tidak ada pengumuman untuk merevisi daftar model.

Oleh karena itu, ADM memutuskan untuk mendaftarkan model Rocky, meski produk tersebut belum diluncurkan pada waktu pengumuman. Akan tetapi, model ini akan diperkenalkan pada periode program relaksasi pajak.

“Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program [PPnBM],” ujar Amelia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/3/2021). 

Amelia menambahkan bahwa hal itu dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah, dalam rangka menggairahkan pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu akibat Covid-19. 

Penerima program relaksasi pajak diketahui harus memenuhi sejumlah persyaratan, yaitu mesin kendaraan maksimal 1.500 cc untuk jenis sedan, berpenggerak 4x2 atau station wagon. Kapasitas penumpang di bawah 10 orang dan local purchase minimal 70 persen. 

Pada Oktober 2020, mobil mirip dengan Daihatsu Rocky tertangkap kamera sedang melakukan tes performa di Indonesia. Saat itu, Amelia mengatakan bahwa tes performa biasa dilakukan perusahaan untuk berbagai kendaraan. 

Sosok mobil mirip dengan Rocky beredar luas di media massa setelah diunggah oleh automotive enthusiast @indra_fathan di akun Instagramnya. Lokasi foto itu diduga diambil di wilayah Tanjung Priok, dekat dengan kantor pusat dan pabrik ADM. 

Daihatsu Rocky dibangun berdasarkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Mobil ini dibekali fitur keamanan seperti Smart Assist System, yang membuatnya meraih rating tertinggi bintang 5. 

Mobil ini menggendong mesin 3-silinder, 1-KR-VET berkapasitas 1.000 cc turbo yang dikawinkan dengan transmisi manual atau CVT khas Daihatsu. 

Daihatsu Rocky pertama kali pertama diperkenalkan sebagai mobil compact SUV dalam pameran Tokyo Motor Show 2019. Pada tahun yang sama, mobil ini pun resmi diluncurkan di pasar Jepang, tepatnya pada bulan November.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daihatsu PPnBM suv
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top