Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mobil MPV Bekas di Bawah Rp200 Juta Masih Jadi Idaman

Mobil keluarga atau multipurpose vehicle (MPV) masih menjadi juara di segmen mobil bekas.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  14:03 WIB
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara - Chairul Rohman
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara - Chairul Rohman

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil keluarga atau multipurpose vehicle (MPV) berkapasitas 7 penumpang dan memiliki harga di bawah Rp200 juta masih menjadi idaman bagi masyarakat yang ingin membeli mobil bekas.

“Budaya orang Indonesia itu sangat kekeluargaan. Ke mana-mana semua diboyong, jadi maunya mobil yang gede, kelasnya di bawah Rp200 juta,” ujar CEO OLX Group Indonesia Autos Johnny Widodo dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/2/2021).

Johnny menyatakan mobil MPV masih menjadi juara di segmen mobil bekas. Sedikitnya ada 5 model yang menjadi primadona sepanjang tahun lalu, yang di antaranya didominasi oleh model MPV. Di segmen ini, Toyota masih menjadi juaranya.

“Jadi, kalau kamu lihat dari transaksi yang kemarin, yang orang paling suka itu mobil favorit, Toyota Innova, Toyota Avanza, Honda Jazz, Xenia, dan Brio,” ujarnya.

Johnny mengatakan minat membeli mobil bekas selaras dengan mobil terlaris di pasaran. Dengan demikian, mobil terlaris berdasarkan data Gaikindo, seperti Brio, Avanza, dan Xenia, diperkirakan masih menjadi primadona pada tahun ini.

Sementara itu, OLX Autos dalam studi bertajuk Used Cars Industry Behavior Shift memprediksi beberapa hal akan menjadi tren di pasar mobil bekas pada 2021.

Setidaknya ada 5 hal yang bakal menjadi tren dalam waktu jangka panjang di pasar mobil bekas. Di antaranya pengguna akan cenderung memilih mobil pribadi sebagai pendukung aktivitas dan transaksi jual beli mobil bekas akan bergeser ke bentuk digital.

Selain itu, para pelanggan cenderung mencari transaksi lebih aman dengan one-stop shop end-to-end services. Di sisi lain, pasar mobil bekas diprediksi berkembang dan menciptakan tren bisnis baru, seperti Car Subscription.

Studi tersebut juga menyatakan bahwa mobil hibrida atau listrik akan dilirik pelanggan dan bakal mendapatkan dukungan pemerintah dalam rangka mengurangi emisi karbon.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mpv mobil bekas
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top