Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hyundai Resmi Luncurkan Mobil Listrik IONIQ 5, Ini Spesifikasinya

Ioniq 5 tersedia dalam beberapa konfigurasi power electric (PE), konsumen dapat memilih dua pilihan opsi ukuran baterai, yakni 58 kWh atau 72,6 kWh dan dua tata letak motor listrik, baik dengan motor belakang saja atau dengan motor penggerak bagian depan dan belakang.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  18:43 WIB
Ioniq 5 menghadirkan pengalaman baru melalui desain EV inovatif yang menggugah ikon pembentuk DNA desain Hyundai.  - Hyundai
Ioniq 5 menghadirkan pengalaman baru melalui desain EV inovatif yang menggugah ikon pembentuk DNA desain Hyundai. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA – Hyundai Motor Company resmi merilis IONIQ 5 dalam acara peluncuran perdana global secara virtual, Selasa (23/2/2021). Sebagai crossover berukuran sedang, mobil listrik berbasis baterai ini didukung berbagai fitur inovatif.

IONIQ 5 tersedia dalam beberapa konfigurasi power electric (PE), konsumen dapat memilih dua pilihan opsi ukuran baterai, yakni 58 kWh atau 72,6 kWh dan dua tata letak motor listrik, baik dengan motor belakang saja atau dengan motor penggerak bagian depan dan belakang.

Semua variasi tersebut memberikan kecepatan tertinggi hingga 185 km per jam. Adapun, opsi all-wheel drive (AWD) yang berpadu dengan baterai 72,6 kWh, menghasilkan daya gabungan 225-kWh dan torsi hingga 605 Nm. Konfigurasi ini dapat melaju dari 0 km/jam hingga 100 km/jam dalam waktu 5,2 detik.

Sementara itu, untuk pilihan dengan penggerak dua roda (2WD) dan baterai 72,6 kWh, jarak tempuh maksimum Ioniq 5 dengan sekali pengisian daya akan menjadi sekitar 470 – 480 km, berdasarkan standar Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Ioniq 5 dibangun sesuai dengan arsitektur khusus, yang disebut Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini menawarkan kemampuan pengisian daya 800 V fungsi standar bersama dengan pengisian daya 400 V, tanpa memerlukan adaptor tambahan.

Apabila menggunakan pengisi daya listrik berkekuatan 350 kW, Ioniq 5 dapat mengisi daya dari 10 persen menjadi 80 persen hanya dalam waktu 18 menit. Menurut WLTP, pengguna Ioniq 5 hanya perlu mengisi daya selama lima menit untuk menempuh jarak 100 km.

Di sisi lain, melalui platform E-GMP ini, Ioniq 5 menawarkan desain interior yang inovatif dengan material ramah lingkungan di beberapa titik tertentu, performa yang kuat yang dipadukan dengan pengisian daya sangat cepat dan fungsi Vehicle-to-Load (V2L).

“Ioniq 5 dapat menghadirkan gaya hidup tanpa batas dan secara proaktif memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan selama perjalanan mereka,” ujar Thomas Schemera, Executive Vice President and Global Chief Marketing Officer Hyundai Motor Company.

Menurutnya, Ioniq 5 merupakan mobil listrik pertama yang memberikan pengalaman baru dengan penggunaan ruang interior dan kecanggihan teknologi yang terdepan dan inovatif.

Dari sisi eksterior, Ioniq 5 memiliki panjang wheelbase hingga 3.000 mm. Jarak sumbu roda yang dipanjangkan ini membutuhkan pendekatan yang lebih canggih untuk menerjemahkan proporsi baru ke dalam bentuk kendaraan listrik yang kontemporer.

Bagian depan mobil dilengkapi dengan kap mesin bertipe clamshell yang meminimalkan celah panel untuk menghadirkan aerodinamika optimal. Bumper depan berbentuk V dikombinasikan daytime running lights (DRL), memberikan ciri khas pada mobil ini.

Pelanggan dapat memilih dari sembilan warna eksterior, termasuk lima warna yang terinspirasi oleh alam yang eksklusif tersedia untuk IONIQ 5. Adapun, untuk sisi interiornya memiliki tiga pilihan warna.

Selain itu, untuk pertama kalinya di Hyundai, Ioniq 5 menampilkan augmented reality head-up display (AR HUD), yang mengubah kaca depan menjadi layar tampilan. Mobil ini turut dilengkapi Hyundai SmartSense, yaitu sistem bantuan pengemudi yang dapat memastikan keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Ioniq 5 yang menawarkan Highway Driving Assist 2 dan sistem bantuan mengemudi lainnya termasuk forward collision-avoidance assist (FCA), dan blind-spot collision-avoidance assist (BCA), ini akan tersedia di beberapa negara  mulai semester pertama 2021.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Hyundai Ioniq
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top