Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nekat Melewati Banjir, Ini Tanda Oli Mobil Tercampur Air

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa potensi hujan lebat akan terjadi pada Senin (8/2/20210 hingga besok.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 Februari 2021  |  15:13 WIB
Pelumas. Mengecek oli yang sudah tercampur dengan air tidak terlalu sulit.  - Perdippi
Pelumas. Mengecek oli yang sudah tercampur dengan air tidak terlalu sulit. - Perdippi

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa potensi hujan lebat akan terjadi pada Senin (8/2/20210 hingga besok.

Dalam keterangan resminya, BMKG menyebut bahwa hujan diprediksi mengakibatkan banjir atau banjir bandang di sejumlah wilayah termasuk DKI Jakarta.

Dengan demikian, potensi adanya banjir atau genangan air akan membuat pemilik kendaraan mesti waspada. Sebaiknya hindari ruas-ruas jalan yang tergenang air, tetapi jika terpaksa menerobos, ada hal yang perlu diperhatikan setelahnya.

Jika sudah seperti itu, pemilik mobil harus segera melakukan pengecekan setelah menerobos banjir karena ada kemungkinan oli mesin telah tercampur dengan air.

Mengecek oli yang sudah tercampur dengan air tidak terlalu sulit, bahkan pemilik kendaraan bisa melakukannya sendiri di rumah. Caranya, perhatikan warna oli di mesin mobil. Bila sudah berubah menjadi cokelat menuju abu-abu, itu tandanya oli sudah tercampur dengan air.

Apabila sudah tercampur sangat disarankan untuk tidak menggunakan dulu kendaraan tersebut. Walaupun mungkin mesin mobil masih bisa dihidupkan, meski oli sudah bercampur air, laju kendaraan biasanya tidak akan lancar seperti biasa.

Segeralah melakukan pengecekan semua bagian oli pada mobil, seperti oli mesin, oli gardan, dan oli transmisi, sehingga diperlukan pengurasan dengan oli yang baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelumas Tip Merawat Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top