Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Asal Pakai Kacamata Hitam Saat Berkendara, Ini Tipsnya

Menggunakan kacamata hitam saat mengendarai sepeda motor merupakan alternatif praktis untuk tampil bergaya, sekaligus nyaman dari sengatan sinar matahari.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  15:56 WIB
Kaca mata hitam.  - Istimewa
Kaca mata hitam. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menggunakan kacamata hitam saat mengendarai sepeda motor merupakan alternatif praktis untuk tampil bergaya, sekaligus nyaman dari sengatan sinar matahari.

Biasanya, kacamata hitam yang digunakan adalah model sporty yang pas mengikuti lekuk wajah. Namun, menurut laman resmi Suzuki, ada beberapa catatan khusus yang harus perhatikan sebelum memilih kacamata hitam untuk berkendara.

1. Proteksi UV

Sebaiknya pilih kacamata dengan fitur perlindungan UV. Kacamata ini berfungsi untuk meminimalisir pancaran sinar ultraviolet (UV) yang menyerang mata. Selain itu, fitur ini juga membuat pandangan saat berkendara lebih teduh.

2. Pemilihan lensa

Khusus untuk berkendara, gunakan kacamata hitam berbahan polarized karena berfungsi menyerap sinar matahari hingga 98 persen dan mampu menyesuaikan diri dengan sinar UV. Artinya, lensa akan menyesuaikan cahaya yang diterima pengemudi saat berkendara.

3. Dilengkapi antigores

Kacamata untuk berkendara kebanyakan digunakan di luar ruangan, dan berisiko terpapar debu. Untuk memaksimalkan fungsinya, sebaiknya pilih jenis lensa yang punya daya scratch resistant atau antigores.

4. Frame yang nyaman

Selain fokus pada lensa, pengendara juga wajib memerhatikan frame yang nyaman serta didesain untuk mengikuti kontur wajar. Pastikan juga memilih bingkai kacamata tidak terlalu berat dan tidak menghalangi saat menggunakan helm.

5. Pilih helm double visor

Jika ingin lebih praktis, gunakan helm dengan fitur double visor atau yang memiliki kacamata hitam di dalamnya. Helm jenis ini bisa diandalkan untuk berkendara saat siang atau malam hari. Namun, kualitas visor juga harus diperhatikan agar setara dengan kacamata hitam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kacamata Tip Berkendara
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top