Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip Kecanggihan DAL-e, Robot Baru Buatan Hyundai Motor

Hyundai Motor Group resmi meluncurkan robot layanan pelanggan bernama DAL-e, yang diklaim mampu berkomunikasi secara independen dengan orang melalui kemampuan pengenalan serta fungsi mobilitas.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  20:39 WIB
DAL-e juga dapat bergerak bebas dan mengantar pelanggan ke tempat yang ditentukan dengan menggunakan roda empat omnidirectional.  - Hyundai
DAL-e juga dapat bergerak bebas dan mengantar pelanggan ke tempat yang ditentukan dengan menggunakan roda empat omnidirectional. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA – Hyundai Motor Group resmi meluncurkan robot layanan pelanggan bernama DAL-e, yang diklaim mampu berkomunikasi secara independen dengan orang melalui kemampuan pengenalan serta fungsi mobilitas.

DAL-e, singkatan dari Drive You, Assist You, Link with You-experience ini, dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mampu mengenali wajah serta komunikasi secara otomatis berdasarkan platform pemahaman bahasa.

“DAL-e adalah platform layanan generasi mendatang yang dapat menawarkan layanan pelanggan otomatis kapan saja,” kata Dong Jin Hyun, Wakil Presiden dan Kepala Lab Robotika di Hyundai Motor Group, dalam siaran resminya, Senin (25/1/2021).

Dong Jin Hyun menuturkan kehadiran robot itu diharapkan mampu membawa pesan secara konsisten kepada pelanggan dengan cara yang lebih akrab dan personal, dibandingkan dengan robot konvensional.

Hyundai Motor Group mengumumkan peluncuran perdana DAL-e di showroom Hyundai di Seoul selatan pada 25 Januari 2021, dan robot itu pun telah memulai operasi pilotnya.

Setelah operasi pilot pertamanya, robot ini dapat digunakan di berbagai bidang yang membutuhkan interaksi sehari-hari dengan pelanggan, seperti showroom dari Hyundai dan Kia.

DAL-e dibangun dengan bodi humanoid terpotong berukuran 1.160 x 600 x 600 mm dan berat 80 kilogram. Robot ini diklaim lebih ringan dan lebih ringkas dibandingkan dengan layanan pelanggan lain dan robot pemandu di pasaran.

Selain memiliki fitur fisik yang ramah dan emosional, DAL-e juga mampu mendeteksi pelanggan yang masuk ke area pamer tanpa menggunakan masker dan menyarankan mereka untuk memakainya.

Sementara soal kemampuan komunikasi, DAL-e dapat terlibat dalam dialog otomatis dan lancar bersama pelanggan dengan memberikan informasi yang berguna tentang produk dan layanan serta menanggapi perintah sentuhan lisan ataupun layar.

DAL-e juga dapat bergerak bebas dan mengantar pelanggan ke tempat yang ditentukan dengan menggunakan roda empat omnidirectional.

Selain itu, dia mampu memberikan informasi seperti menjelaskan kendaraan dan teknologi dan menghubungkan secara nirkabel ke layar, meminta pengunjung untuk mengambil foto dengannya, dan memberikan umpan balik menggunakan lengannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

robot Hyundai Motor
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top