Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

9 Cara Mengganti Ban dalam Keadaan Darurat

Cara mengganti ban mobil sebaiknya menjadi pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Sebab, dalam berkendara, kita dituntut siaga dalam setiap kejadian yang tak terduga.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  18:40 WIB
Mengganti ban mobil.  - Reuters
Mengganti ban mobil. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Cara mengganti ban mobil sebaiknya menjadi pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan. Sebab, dalam berkendara, kita dituntut siaga dalam setiap kejadian yang tak terduga.

Salah satunya adalah mengganti ban mobil yang bocor atau pecah ketika sedang dalam perjalanan. Oleh sebab itu setiap pengemudi, baik perempuan maupun pria sepatutnya mengetahui cara mengganti ban mobil.

Dilansir dari Auto2000, pada dasarnya mengganti ban mobil yang bocor bisa dilakukan oleh satu orang. Berikut adalah cara mengganti ban saat keadaan darurat:

1. Menepi di lokasi aman

Hal pertama yang harus dilakukan saat keadaan darurat mengganti ban adalah menepi ke lokasi aman. Pastikan berhenti sempurna di lajur yang tidak menimbulkan potensi tertabrak. Setelah berhenti, matikan mesin.

2. Pasang segitiga pengaman

Saat mobil sudah berhenti sempurna di lokasi aman, pastikan Anda bisa keluar dengan aman. Setelah itu keluarkan segitiga pengaman. Pasang penunjang keselamatan tersebut berjarak empat meter dari belakang mobil Anda.

3. Keluarkan dongkrak dan kunci

Kini Anda siap memulai ganti ban mobil. Keluarkan perkakas berupa kunci pas dan dongkrak tangan. Toyota menyediakan perkakas tersebut sebagai kelengkapan standar di semua mobilnya. Semisal pada Toyota Avanza, perkakas tersebut dapat ditemui di kolong jok.

4. Rilis ban serep

Selanjutnya siapkan ban serep. Pada Toyota Rush generasi terbaru, ban serep berada di kolong bagasi. Rilis ban serep tersebut menggunakan kunci pas. Kendorkan bautnya hingga ban serep turun dan siap diambil.

5. Kendorkan semua baut pelek

Letakkan ban serep di tempat aman. Kemudian beranjak ke ban yang bocor untuk mengendorkan semua bautnya. Gunakan kunci pas yang sama dengan merilis ban serep.

6. Pasang dongkrak

Setelah semua baut roda sudah kendor, kini giliran memasang dongkrak. Pastikan bagian atas dongkrak akan menyentuh panel besi yang kuat untuk tumpuan. Demikian juga bagian bawahnya, hindari permukaan tanah lembek.

7. Lepas dan pasang ban

Putar dongkrak hingga ban terangkat. Saat sudah cukup terangkat, lepas ban yang bocor tersebut. Saat sudah lepas, giliran ban serep dipasangkan.

Pada bagian ini mungkin terasa berat, terutama bagi wanita. Mintalah bantuan orang lain jika tidak kuat melepas dan memasangnya. Pastikan semua baut terpasang lagi secara kencang.

8. Amankan ban yang bocor

Bawa ban yang bocor ke tempat penyimpanan ban serep. Pasang secara baik ke posisi semula dengan mengulang secara kebalikan saat merilis ban serep.

9. Bereskan peralatan

Ban telah terpasang sempurna, kini giliran membereskan peralatan dan perkakas, termasuk segitiga pengaman. Kumpulkan jangan sampai ada yang tercecer dan kembalikan ke tempat semula.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ban Mobil Tip Berkendara
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top