Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak 5 Tips Membeli Mobil Bekas di Atas 10 Tahun

Mobil bekas di atas 10 tahun sebetulnya masih layak untuk digunakan sehari-hari.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 28 Desember 2020  |  11:50 WIB
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara - Chairul Rohman
Ilustrasi tempat penjualan mobil bekas./Antara - Chairul Rohman

Bisnis.com, JAKARTA — Konsumen yang ingin membeli mobil bekas berusia di atas 10 tahun sebaiknya memperhatikan sejumlah hal agar tidak salah pilih.

Mobil bekas di atas 10 tahun sebetulnya masih layak untuk digunakan sehari-hari, tetapi konsumen wajib memperhatikan beberapa hal saat membelinya dan jangan hanya terpaku pada harga yang murah.

Mengutip laman Mobil88, berikut adalah lima tips yang perlu diketahui saat ingin membeli mobil bekas tua.

  1. Cek Kebocoran di Mesin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kondisi mesin harus tetap kering. Artinya, tidak ada rembesan oli ataupun cairan di bagian mesin hingga ke bagian kolong. Jika kondisi mesin kering, kamu tidak akan mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan mesin.

Kedua, pastikan tidak ada suara kasar dari ruang mesin. Biasanya, mobil berusia di atas 10 yang tidak dirawat memiliki suara mesin yang kasar. Perhatikan adakah getaran tidak wajar dari mesin. Kalau ya, tandanya kamu harus mengganti engine mounting mobil tersebut.

  1. Kenalpot Tidak Mengeluarkan Asap Putih

Periksa ke bagian belakang, apakah keluar asap putih tipis dari lubang kenalpot atau tidak. Jika ada asap putih, maka dipastikan kondisi mesin tidak baik dan biasanya harus turun mesin.

Cek juga ujung kenalpot mobil bagian dalam, jika berwarna hitam kering berarti mobil memiliki masalah pembakaran yang tidak sempurna. Namun, apabila basah biasanya pertanda ada oli mesin yang ikut terbakar.

  1. Pastikan Suhu Mesin Normal

Jangan lupa untuk mengecek suhu atau temperatur mesin dari dalam kabin. Tunggu sampai beberapa saat hingga mesin panas dan pastikan indikator suhu mesin tidak lebih dari 3/4 atau, bahkan mencapai huruf H.

  1. Periksa kelistrikan dan Perangkat Elektronik

Jika mesin sudah normal, periksa fungsi elektrikal di mobil. Pastikan komponen itu tidak bermasalah. Cek adakah lampu peringatan di dasbor mobil yang menyala, seperti lampu check engine dan juga airbag.

Mobil-mobil modern cenderung memiliki komponen elektrikal yang cukup banyak sebab apabila ada kerusakan biasanya akan dibutuhkan biaya perbaikan yang cukup mahal.

  1. Lakukan Test Drive

Ini cara terakhir untuk membuktikan kalau mobil incaran kamu masih layak untuk dibeli. Biasanya mobil bekas dengan usia di atas 10 tahun akan memiliki masalah di kaki-kaki dan juga transmisinya.

Oleh karena itu, melakukan test drive akan sangat diperlukan agar tahu apakah ada bagian kaki-kaki yang mengeluarkan bunyi-bunyi tidak wajar.

Jangan lupa mengetes transmisi mobil dengan saksama, termasuk mengetes di tanjakan dan juga melakukan akselerasi ringan. Perhatikan saat berbelok apakah ada suara-suara yang kurang enak di dengar atau tidak.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil bekas
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top